Perawatan PC Sebelum Mudik Lebaran


Share

PC tentunya akan kalian tinggalkan dan tidak digunakan untuk sementara waktu saat mudik lebaran bersama keluarga. Komputer yang ditinggalkan begitu saja untuk waktu yang agak lama bisa menjadi rusak, karena faktor-faktor eksternal. Untuk menjaga agar komputer siap digunakan kembali saat kalian selesai mudik dan mencegah kerusakan saat ditinggal, kalian harus memperhatikan beberapa hal.

Bersihkan bagian dalam PC dari debu dengan kompresor udara yang bisa kalian temui pada tukang tambal ban. Hal ini untuk mencegah terjadinya pengerakan pada debu yang menempel pada komponen PC.

Lepaskan graphic card dari motherboard, khususnya pengguna graphic card kelas atas yang memiliki bobot cukup berat. Hal ini agar slot PCIe motherboard tidak terbebani terus menerus dan mencegah kerusakan pada slot PCIe saat kalian memindahkan PC.

gcard

Cabut kabel listrik power supply untuk mencegah korsleting yang mungkin bisa terjadi. Agar lebih aman, pastikan kalian mencabut semua sumber listrik yang tidak digunakan saat mudik.

Jika kalian menggunakan casing dengan power supply berada di bawah, pastikan komputer kalian berada di tempat yang tinggi. Beri dudukan sekitar 10 cm untuk mencegah genangan air yang mungkin bisa masuk ke rumah kalian saat hujan atau bocor. Untuk pengguna PC dengan casing yang memiliki posisi power supply diatas, berikan tambahan kaki-kaki agar air tidak masuk kedalam PC dan merusak komponen yang berada di bawah.

Tutupilah monitor, keyboard, mouse, dan peralatan yang berada di atas meja menggunakan kain atau plastik, untuk mencegah debu menumpuk  pada peralatan kalian.

Artikel Terkait: