Perlukah Menggunakan Sound Card di PC?


Share

Sound card adalah salah satu komponen komputer yang berguna untuk menyediakan input dan output sinyal audio dari dan ke computer yang dikendalikan oleh suatu program yang menggunakan pemrosesan suara. Umumnya sound card menggunakan slot PCI dan PCI express pada motherboard. Sound card sangat dibutuhkan oleh pengguna komputer pada masa lalu untuk menghasilkan kualitas audio yang bagus dan port input/ output audio analog, dimana motherboard tidak memiliki pemrosesan audio sama sekali atau terbatas. Sedangkan motherboard modern sudah menggunakan sound card onboard yang kualitasnya sangat bagus.

mobo asus

Jadi, apakah kita masih perlu untuk membeli sound card tambahan? Jika kalian menggunakan motherboard kelas premium seperti Asus ROG Strix Z370-E Gaming dengan sound chip ALC1220 berikut komponen premiumnya, maka kalian sudah tidak membutuhkan soundcard tambahan lagi. Jika kalian menggunakan motherboard kelas entry level seperti Asrock A320M-HDV dengan sound chip ALC887, maka kalian juga tidak memerlukan sound card tambahan. Kenapa tidak perlu sound card tambahan? Karena kualitas suara yang dihasilkan sound card tambahan dengan budget rendah dibawah satu juta Rupiah umumnya sudah sebanding dengan sound card onboard pada motherboard. Keuntungan yang kalian dapatkan hanyalah noise suara yang berkurang jika menggunakan sound card tambahan, noise ini hanya mengganggu jika telinga kalian sensitif seperti audiophile. Selain itu headphone atau headset yang umumnya digunakan bukanlah yang berkualitas audiophile, sehingga sound card yang terlalu bagus seperti Asus Essence STX II  dengan harga  2.5 jutaan tidak akan berfungsi dengan baik.

sound card
Sound card tambahan ditargetkan untuk para audiophile yang menggunakan PC yang mana juga membutuhkan peralatan audio yang sangat mahal juga dan para pengguna komputer yang membutuhkan input suara yang baik seperti streamer. Untuk menambah kualitas audio yang kalian dengarkan saat bermain, kalian bisa menggunakan software audio enhancer seperti Razer Surround dan menggunakan headphone berkualitas bagus. Budget untuk sound card bisa kalian alihkan untuk membeli graphic card atau prosesor yang lebih bagus serta SSD yang menawarkan peningkatan performa komputer yang jauh lebih terasa.