Pilih Monitor Refresh Rate Tinggi atau Resolusi Tinggi


Share

Monitor dengan refresh rate 144 Hz dan resolusi 4K semakin mudah ditemui dipasaran dengan harga 3 jutaan Rupiah. Namun dengan budget yang terbatas, terkadang kita hanya dapat memilih monitor dengan salah satu kelebihan saja, antara refresh rate yang tinggi atau resolusi yang tinggi. Monitor manakah yang lebih baik untuk digunakan? Refresh rate 144 Hz atau resolusi 4K?

Berikut dua contoh monitor yang memiliki refresh rate 144 Hz dan resolusi 4K.

LG 24GM79G

Monitor ini memiliki Refresh Rate 144 Hz dan resolusi 1080p yang menggunakan panel TN. Monitor dengan refresh rate yang tinggi ini cocok digunakan oleh para gamer yang membutuhkan game play yang smooth dengan respon yang cepat.

LG 24UD58

Monitor ini memiliki resolusi 4K dan Refresh Rate 60 Hz yang menggunakan panel IPS yang memberikan warna yang lebih akurat dan sudut pandang yang luas. Monitor ini cocok digunakan oleh para editor grafis yang membutuhkan akurasi warna dan detail yang tinggi.

Graphic card entry-level seperti GTX 1050Ti atau RX 560 lebih mudah menghasilkan frame rate yang tinggi pada resolusi 1080P. Sedangkan monitor dengan resolusi 4K akan lebih membebani graphic card, bahkan graphic card kelas tinggi seperti GTX 1080 hanya mampu menghasilkan frame dibawah 100 FPS untuk game tertentu dengan setting grafis tertinggi. Jadi, jika kalian seorang gamer, pilihlah monitor dengan refresh rate yang tinggi dibandingkan monitor dengan resolusi 4K, karena akan memberikan gameplay yang lebih baik.

Artikel Terkait: