Ryzen 3 2200G VS Ryzen 5 2400G


Share

AMD Ryzen Raven Ridge memiliki dua pilihan prosesor APU desktop, yaitu Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G. Prosesor APU dari AMD Ryzen ini cocok untuk para gamer yang ingin membuat PC gaming terbaru, namun dengan budget terbatas. Jika kalian menggunakan produk AMD ber-chipset AM4, kalian tidak perlu khawatir saat kalian telah memiliki uang lebih dan ingin melakukan upgrade, karena AMD menjamin produknya mudah diupgrade dan mengembangkan teknologi berdasarkan chipset AM4. Contohnya, kalian ingin membeli graphic card untuk menambah performa gaming kalian, karena Radeon Vega yang tertanam pada Ryzen Raven Ridge sudah tidak mampu untuk memainkan game-game terbaru, kalian bisa langsung membeli graphic card RX 560 dan menancapkannya pada slot PCIe X16 motherboard kalian. Kedua prosesor Ryzen ini memiliki perbedaan performa dan harga tentunya, namun kalian harus mempertimbangkan berbagai hal agar kalian bisa melakukan upgrade dengan leluasa nantinya.

Ryzen 3 2200G

  • Prosesor APU ini menggunakan 4 core dan 4 thread yang sudah dapat di overclock, jika kalian menggunakan motherboard dengan chipset B350 keatas.
  • Radeon Vega 8 mampu untuk menghasilkan Pixel Rate sebesar 8.8 GPixel/s dan Texture Rate sebesar 35.2 GTexel/s. Kalian dapat memainkan berbagai game dengan lancar hingga resolusi 1080p dengan APU Radeon Vega 8 ini, khususnya game esport yang dapat kalian mainkan dengan frame rate diatas 60 FPS.
  • Score cpubenchmark: 7363 untuk multi core dan 1820 untuk single core.

Ryzen 5 2400 G

  • Prosesor APU kelas tertinggi saat ini telah menggunakan 4 core dan 8 thread yang sudah dapat di overclock, jika kalian menggunakan motherboard dengan chipset B350 keatas. Jika kalian ingin melakukan upgrade graphic card kedepannya, disarankan untuk menggunakan prosesor ini, karena performa multi corenya jauh melebihi Ryzen 3 2200G.
  • Radeon RX Vega 11 yang lebih ganas, mampu untuk menghasilkan Pixel Rate sebesar 10 GPixel/s dan Texture Rate sebesar 55 GTexel/s. Kalian dapat memainkan berbagai game dengan lancar hingga resolusi 1080p dengan APU Radeon Vega 8 ini, khususnya game esport yang dapat kalian mainkan dengan frame rate diatas 60 FPS.
    Namun performa dibanding Radeon Vega 8 yang digunakan oleh Ryzen 3 2200G tidak terlalu jauh.
  • Score cpubenchmark: 9323 untuk multi core dan 1913 untuk single core.

ryzen

Kedua prosesor ini sama-sama memiliki TDP sebesar 65 Watt dan dilengkapi dengan heat sink fan Wraith Stealth pada paket penjualan. Namun, kami menyarankan untuk segera membeli heat sink fan aftermarket dengan model tower agar dapat menjaga suhu dengan baik. Lalu, saat kalian membeli RAM, pastikan RAM yang kalian beli sudah sesuai dengan daftar RAM yang kompatibel dengan Ryzen dan merek motherboard yang kalian gunakan. Harga kedua prosesor ini hanya terpaut sekitar Rp 900.000 saja, jika kalian ingin menekan budget dan melakukan upgrade kecil-kecilan saja, gunakan Ryzen 3 2200G. Namun, jika kalian mampu mengumpulkan budget lebih dan akan melakukan upgrade pada tahun-tahun berikutnya, gunakan Ryzen 5 2200G karena prosesor ini sudah menggunakan 4 core 8 thread dan performa yang lebih tinggi.

Motherboard dengan chipset A320 yang dapat overclock RAM dapat kalian lihat disini: Motherboard A320

Motherboard dengan chipset B350yang dapat overclock Prosesor, iGP Vega, dan RAM dapat kalian lihat disini: Motherboard B350

Jadi, kalian akan membuat PC dengan Ryzen Raven Ridge seri apa?

Artikel Terkait: