Salah Meramal! 300.000 Chip GPU Dikembalikan ke Nvidia!

Nvidia

Share

Tinggal menghitung waku dekat hingga Nvidia meluncurkan GPU generasi selanjutnya yang diperkirakan akan memiliki awalan “11”. Hal ini tentu wajar mengingat GeForce seri-10 sudah ada dipasaran sekitar 2 tahun. Tapi sepertinya Nvidia terus menunda peluncuran GPU generasi selanjutnya tersebut. Ternyata salah satu alasannya mungkin adalah persediaan gudang chip GPU Nvidia GeForce seri-10 yang sekarang masih berada di gudang. Hal tersebut karena Nvidia meramalkan kalau permintaan mining dan gaming akan terus melonjak. Saking banyaknya, salah satu Partner OEM di Asia mengmbalikan 300.000 chip GPU ke Nvidia.

Cryptocurrency Nvidia

Menurut DigiTimes, Partner AIB dan kanal penyedia kartu grafik bersiap-siap untuk penurunan permintaan kartu grafik pada paruh kedua di tahun 2018.  Hal ini karena tren penurunan yang terus berlanjut sejak Desember 2017, sebuah masa dimana Bitcoin (dan mata uang digital lainnya) berada pada posisi tertingginya. Seiring berkurangnya keuntungan, peningkatan kesulitan, dan banyaknya miner. Semakin banyak kartu grafik yang tidak terserah oleh pasar. Secara hukum pasar, penurunan permintaan berarti harga kartu grafik yang baru juga akan ikut berkurang dan kembali stabil mendekati harga sebelum tren mining ada.

Tapi,, produsen kartu grafik tentu tidak akan diam saja merelakan pendapatan mereka yang akan berkurang karena pernah merasakan keuntungan kotor hingga 20%. Seperti biasanya, harga barang yang pernah naik akan sulit turun meskipun sudah tidak ada faktor, hal ini biasanya disebut sebagai “pricing memory”. Sehingga membuat para produsen kartu grafik meninggalkan booming mining sebagai sumber pemasukan dan mencari solusi seperti server dan datacenter sebagai pemasukan utama mereka.

Artikel Terkait: