Tips Keamanan Komputer Terbaik 2018


Share

Komputer adalah bagian penting dari kehidupan sekarang, sehingga mungkin sebagian dari kalian menganggapnya hal yang sepele. Namun, dengan begitu banyak informasi pribadi, keuangan, dan hukum yang dapat diakses melalui PC, laptop, dan telepon kalian. Maka sangat penting untuk menjaga Windows kalian tetap aman dari ancaman-ancaman yang tidak di inginkan.

Di bawah ini adalah beberapa cara agar dunia digital dalam laptop maupun PC kalian tetap aman dari orang-orang yang membahayakan.

Instal Update

Microsoft merilis update ke Windows, seperti yang dilakukan Apple untuk macOS, secara rutin. Meskipun terkesan tidak penting dan tidak banyak perubahan, Microsoft biasanya memberikan patch kemanan baru melalui updatenya.

Patch keamanan lewat update ini terus dikembangkan seiring dengan ditemukannya celah pada sistem operasi mereka. Itulah sebabnya menginstal update adalah bagian penting dalam mempertahankan PC kalian.

Windows 10 memiliki pengaturan yang akan menerapkan pembaruan segera setelah tersedia.

Gunakan Password yang Kuat

Benar memang sulit untuk mengingat password yang rumit. Tapi dengan kerumitan itu, maka presentase kebobolan data juga menurun. Selalu gunakan password untuk PC kalian kecuali jika kalian yakin bahwa data didalamnya akan selalu aman. Atau bagian paling mudah yaitu dengan menggunakan fitur fingerprint yang mungkin sudah banyak tersedia untuk saat ini. Sebaiknya ubah sandi secara rutin dan gunakan kata sandi yang berbeda untuk layanan yang berbeda.

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Verifikasi dua langkah

Verifikasi dua langkah

Di samping kata sandi yang kuat, Kalian juga bisa menggunakan two-step-verification yang sudah banyak disediakan oleh aplikasi pengembang akhir-akhir ini.  Hal ini membuat hampir tidak mungkin bagi peretas untuk membobol akun kalian kecuali mereka juga memiliki ponsel kalian. Cara kerjanya, kode verifikasi akan dikirim ke perangkat ketika kalian mencoba masuk. Google dan Apple keduanya menawarkan ini, seperti halnya Microsoft.

Jangan Gunakan Run As An Administrator

Ketika pertama kali menyalakan Windows, kalian akan selalu memiliki status administrator. Tetapi ini bukan cara yang ideal untuk digunakan sebagai akun harian kalian. Menjadi administrator berarti jika PC kalian terkena malware, perangkat lunak akan memiliki akses ke akar yang sangat kuat di seluruh sistem kalian. Sebagai gantinya, buat akun baru sebagai pengguna standar dan buat ini sebagai driver harian kalian. Jika kalian perlu menginstal perangkat lunak atau aktivitas berat  lainnya, maka cukup beralih kembali ke akun admin untuk melakukannya. Mungkin langkah ini membuat kalian sedikit kurang nyaman, tapi demi keamanan, kalian bisa coba cara ini.

Artikel Terkait: