Trik Mudah Ambil Screenshot di Layar Komputer


Share

Bagaimana cara ambil screenshot di layar komputer? Terkadang kita sangat membutuhkan screenshot langsung dari layar komputer kita. Mungkin kalian sekedar ingin membagikan gambar kepada teman atau keluarga, screenshot bisa sangat bermanfaat.

Di bawah ini adalah beberapa trik yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot di Windows 10. Tapi sebagian besar juga bisa berfungsi pada Windows 8 dan 7.

Print Screen

Menekan tombol Print Screen adalah cara tercepat dan termudah untuk mengambil screenshot. Tapi sayangnya, tombol ini hanya menyimpan salinan hasil screenshot di klip. Kalian harus mem-paste-kan hasilnya pada aplikasi pengolah gambar seperti Paint dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa sistem Windows hanya mengenali satu kali copy. Jadi segera setelah menekan tombol Print Sreen, kalian harus mem-paste-kan hasilnya sebelum tertindih copy yang lain.

Alt + Print Screen

Solusi ini berfungsi seperti menekan tombol Print Screen, tetapi hanya menyimpan jendela yang aktif. Jadi jika kalian sedang membuka beberapa folder bersamaan, menekan tombol Alt dan Print Screen pada saat yang bersamaan akan membuat Windows menyimpan gambar tanpa gangguan latar belakang.

Windows + Print Screen

Kombinasi tombol Windows dan Print Screen

Kombinasi tombol Windows dan Print Screen

Kombinasi tombol selanjutnya adalah Windows + Print Screen. Layar akan berkedip sebentar saat kalian menggunakannya. Grafik (.png format) terletak di folder Screenshots, di mana gambar disimpan secara default. Folder ini dibuat secara otomatis ketika kalian menggunakan kombinasi tombol ini untuk pertama kalinya.

Windows + H

Jika kalian ingin mengambil screenshot penuh dan membagikannya ke layanan online seperti email atau media sosial, tekan tombol Windows dan H pada saat yang bersamaan. Di sebelah kanan kalian akan melihat pilihan tempat yang dapat kalian kirimi gambar yang dibuat. Tentu saja, aplikasi yang muncul di sini bergantung pada aplikasi yang sudah kalian pasang sebelumnya.

Snipping Tool

Windows 10 memiliki built-in screenshot juga. Awalnya aplikasi ini disebut Snipping Tool, yang bisa di temukan di folder System Accessories. Saat kalian mengaktifkannya, kalian dapat memilih area yang ingin kalian rekam – jendela aktif, layar penuh, persegi panjang, atau bentuk pilihan Anda. Tangkapan layar dapat disimpan di baki sistem atau di lokasi pilihan Anda. Format rekaman yang tersedia adalah .png, .html, .jpeg, dan .gif.

Aplikasi Pihak Ketiga

Solusi terakhir adalah menggunakan salah satu dari banyak aplikasi pihak ketiga untuk membuat screenshot. Aplikasi ini bisa berupa Screenshot Captor atau SnapDraw, atau ekstensi browser seperti Fireshot dan Nimbus. Ada begitu banyak di luar sana – dan kebanyakan gratis – kalian dapat mencoba beberapa dan memilih mana yang paling cocok untuk kalian.

Artikel Terkait: