Wireless Adapter untuk PC Gaming 100 Ribuan


Share

Banyak PC gamer suka bermain di ruangan pribadi agar tidak terganggu oleh aktifitas orang lain saat bermain. Namun, beberapa gamer memiliki ruangan yang tidak dapat kabel lan karena berbagai hal. Untuk mengatasi hal ini, para PC gamer disarankan untuk menggunakan receiver WiFi dengan kecepatan minimal 300 Mbps agar koneksi saat bermain tetap lancar. Umumnya ada dua jenis receiver WiFi yang bisa kalian tambahkan ke komputer kalian, yaitu receiver WiFi dengan konektor PCI Express dan USB port. Receiver WiFi dengan PCI Express cocok untuk komputer dengan motherboard yang menyediakan slot PCIe x1 yang berada diatas slot PCIe X16 yang biasanya ditempati oleh graphic card atau slot PCIe lainnya yang tidak mengganggu penempatan graphic card, yaitu memiliki jarak 2 slot dari slot PCIe x16. Receiver WiFi via USB umumnya lebih kecil dan hanya membutuhkan 1 slot USB saja, pastikan kalian menempatkan receiver WiFi ini pada slot USB yang berada pada bagian belakang motherboard, karena slot USB yang berada pada casing umumnya kurang bagus, jika kalian menggunakan casing murahan.

Berikut beberapa produk Wireless Adapter yang bisa kalian gunakan untuk komputer kalian:

TP Link TL-WN881ND

wireless

  • Wireless standard: IEEE 802.11n (300 Mbps), IEEE 802.11g (54 Mbps), dan IEEE 802.11b (11 Mbps)
  • Frekuensi wireless: 2.4 GHz
  • Keunggulan: memiliki 2 buah antena pada bagian belakang untuk membantu menangkap sinyal, ukuran PCB cukup kecil, dan disediakan CD driver pada paket penjualan.
  • Harga perkiraan: Rp 125.000

D-Link DWA-131 Nano

adapter

  • Wireless standard: IEEE 802.11n (300 Mbps) dan IEEE 802.11g (54 Mbps)
  • Frekuensi wireless: 2.4 GHz
  • Keunggulan: berukuran sebesar ibu jari orang dewasa, 2 led indikator koneksi dan aktifitas wireless adapter, dan dapat bekerja pada USB 2.0.
  • Harga perkiraan: Rp 115.000

Jadi, pilihlah wireless adapter sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian komputer kalian. Pastikan ruangan kalian mendapatkan sinyal WiFi dari router dengan baik dan aturlah pembagian bandwidth masing-masing user/ IP agar tidak saling berebut dalam menggunakan internet dirumah. Namun, jika memungkinkan pasanglah kabel lan untuk komputer kalian, karena koneksi internet via kabel masih menjadi pilihan terbaik dan termurah walaupun membutuhkan pengaturan extra.