Apa itu Intel Hyper Threading?


Share

Intel Hyper Threading atau sering disingkat HT adalah implementasi sistem multi threading secara simultan dengan meningkatkan paralelisasi sebuah core, yang berarti sebuah core prosesor mampu mengerjakan 2 thread sekaligus. Sehingga kalian bisa mendapatkan performa berganda, jika kalian menggunaan prosesor Intel yang menggunakan Hyper Threading. Contohnya Intel Pentium Gold G5400 memiliki 2 core dan 4 thread, walaupun secara fisik prosesor tersebut hanya memiliki 2 core, namun pada sistem operasi seperti Windows, akan terbaca 4 thread. Hanya OS tertentu yang dapat menggunakan Hyper Threading secara optimal, untungnya semua versi Microsoft Windows yang banyak digunakan selalu mendukung Hyper Threading.

intel

Intel Hyper Threading biasanya dipasangkan pada Core i3 (2C 4T) dan i7 (4C 8T), namun hal ini berubah saat Intel merilis prosesor generasi ketujuh, yaituPentium G4560 dengan Hyper Threading, sehingga seri Pentium yang biasanya memiliki 2 core saja, sekarang sudah sejajar dengan Core i3. Lalu, Intel mengubah seluruh konfigurasi core thread prosesornya pada generasi kedelapan. Pentium Gold dengan 2 core dan 4 thread, Core i3 dengan 4 core dan 4 thread, Core i5 dengan 6 core dan 6 thread, dan Core i7 dengan 6 core dan 12 thread. Perubahan ini didorong persaingan Intel dan AMD, dimana AMD merilis seri Ryzen yang memiliki banyak core dan thread dengann Simultaneous Multi Threading yang telah teroptimalisasi dengan baik.

intel

Semakin banyak core dan thread yang dimiliki prosesormu, semakin besar kekuatan yang kamu butuhkan dan miliki untuk mengolah data atau bermain game secara bersamaan!

Artikel Terkait: