Apa sih 80+ atau Bronze di PSU?


Share

Power Supply Unit atau PSU memiliki nilai efisiensi dalam mengubah tegangan AC menjadi DC yang dapat digunakan setiap komponen komputer. Nilai efisiensi ini diuji dan di sertifikasi oleh settiap perusahaan pembuat PSU. Sertifikasi ini pertama kali diusulkan oleh Ecos Consulting pada 2004 dan sekarang terbagi menjadi 6 tingkatan nilai efisiensi. Semakin tinggi efisiensi PSU-mu, maka semakin baik kualitas PSU dan dapat mencapai nilai daya yang tertera pada PSU.

Berikut nilai efisiensi pada power supply unit:

  • 80+
    Power supply dengan sertifikasi 80+ memiliki efisiensi minimum 82% dari nilai daya yang tertera. Power supply ini harganya cukup murah.
  • Bronze
    Power supply dengan sertifikasi Bronze memiliki efisiensi minimum 85% dari nilai daya yang tertera. Power supply ini harganya cukup terjangkau.
  • Silver
    Power supply dengan sertifikasi Silver memiliki efisiensi minimum 87% dari nilai daya yang tertera. Power supply ini harganya cukup terjangkau.
  • Gold
    Power supply dengan sertifikasi Gold memiliki efisiensi minimum 89% dari nilai daya yang tertera. Power supply ini harganya cukup mahal.
  • Platinum
    Power supply dengan sertifikasi Platinum memiliki efisiensi minimum 90% dari nilai daya yang tertera.
  • Titanium
    Power supply dengan sertifikasi Titanium memiliki efisiensi minimum 94% dari nilai daya yang tertera. Power supply ini harganya sangat mahal.

psu bq

Lalu bagaimana dengann daya 20% yang tidak terhitung dalam efisiensi power supply? Daya listrik tersebut berubah menjadi panas, sehingga power supply dengan sertifikasi rendah umumnya mudah panas saat dihadapkan dengan pennggunaan daya maksimumnya.

Artikel Terkait: