Apple Mengakui MacBook Pro Throttling, tapi Tinggal Update Firmware

MacBook Pro 15-inch with Intel Core i9

Share

Sekali lagi kalian bisa melihat filosofi Apple pada MacBook Pro (MBP), desain yang tipis dan elegan tapi tetap powerful. Tapi, sejak peluncuran MBP 15″ dengan Intel Core i9 di dalamnya, ada satu hal yang menerpa laptop flagship Apple, yaitu masalah prosessor yang terus Throttle. Bagi pembaca baru yang kurang familiar dengan istilah throttle, throttle adalah keadaan dimana sebuah komponen (dalam hal ini prosessor) sengaja menurunkan performa untuk menghindari overheat sehingga terhindar dari kerusakan permanen.

Mengingat MBP mengincar segmen professional, permasalahan yang dapat menghambat pekerjaan tentu jadi hal yang perlu dihindari. Menanggapi permasalahan prosessor yang terus throttle saat digunakan, Apple langsung mengeluarkan pembaruan firmware untuk macOS High Sierra 10.13.6 yang dapat diunduh pada Apple Store. Berikut pernyataan resmi Apple:

MacBook Pro 15-inch Intel Core i9 Throttle

“Melihat pengujian performa berkelanjutan pada banyak beban pekerjaan, kami telah mengidentifikasi bahwa terdapat sebuah kunci digital yang menghilang pada firmware sehingga berpengaruh pada sistem manajemen thermal yang dapat mengakibatkan kecepatan clock menurun pada beban thermal tinggi di MacBook Pro. Sebuah perbaikan bug sudah ditanamkan pada Update Tambahan macOS High Sierra 10.13.6 dan sangat direkomendasikan (untuk diunduh). Kami meminta maaf kepada pengguna yang telah mengalami performa kurang optimal pada sistem baru mereka. Pengguna MacBook Pro 15-inch baru sudah dapat mendapatkan performa hingga 70% lebih cepat dan MacBook Pro 13-inch dengan Touch Bar tambahan performa hingga 2x lebih cepat seperti yang ditampilkan pada hasil performa di situs kami.”

 

Artikel Terkait: