Berbagai Macam Bottleneck pada PC Gaming


Share

PC Gaming dari berbagai kelas dan rakitan personal, terkadang mempunyai ketidakseimbangan antar komponen utama yang digunakannya. Bottleneck sangat sering terjadi pada PC Gaming rakitan, karena penggunanya memilih sendiri komponen yang akan digunakannya, namun hal ini berarti PC Gaming rakitan selalu jelek karena bottleneck. Yuk kita lihat beberapa jenis  bottleneck yang sering terjadi pada PC Gaming.

    • Bottleneck CPU
      Hal ini terjadi karena CPU atau prosesor memiliki performa yang lebih rendah dibandingkan GPU atau graphic card, sehingga game yang dimainkan tidak menghasilkan performa maksimal. Hal ini bisa dilihat dari frame rate game kalian dibawah rata-rata frame rate GPU sejenis. Contoh: PC Gaming dengan prosesor AMD A8-7600 dengan graphic card Radeon RX 580 8 GB.

    • Bottleneck GPU
      Permasalahan ini disebabkan karena gamer menggunakan GPU kelas entry level yang performanya sangat rendah untuk bermain sebuah game dengan performa optimal. Contoh: PC Gaming dengan prosesor Intel i9-7900X dengan graphic card Radeon RX 550 saja.

rx 550

    • Bottleneck Monitor
      Hal ini bisa terjadi jika kalian menggunakan monitor yang memiliki spesifikasi rendah atau bukan monitor gaming. Bottleneck ini bisa dilihat dengan mudah dari pemilihan monitor dengan resolusi dan refresh rate yang rendah. Contoh: PC Gaming dengan Intel Core i7-8700 dengan graphic card Nvidia GeForce GTX 1080 namun menggunakan TV LCD inch dengan refresh rate 60 Hz dan resolusi HD (1366 x 768 pixel)

  • Bottleneck Skill
    Bottleneck ini sangat sering terjadi pada PC Gaming, dimana skill gamer masih  rendah untuk bermain game ESport. Cara mudah mengatasi hal ini adalah berlatih setiap saat dan carilah lawan bermain yang kuat.

 

Jadi, apakah PC Gaming kalian mengalami bottleneck? Jika, iya, maka segeralah melakukan upgrade. Karena kalian tidak dapat mendapatkan performa penuh dari PC Gaming kalian. Bottleneck tidaklah berbahaya dan tidak akan menyebabkan kerusakan apapun sejauh ini. Jika kalian ingin membangun PC Gaming atau upgrade,  konsultasikan komponen yang akan kalian beli di Facebook Ulasan ID agar kalian tidak kecewa dengan PC Gaming kalian.

Artikel Terkait: