Disaat Budget Terbatas! HDD Seken Jadi Pilihan, Ini Tips Memilih!

HDD Seken

Share

Mimpi memiliki PC sendiri mungkin jadi impian bagi banyak orang, karena penulis juga pernah mengalami hal yang serupa. Ingin punya PC performa tinggi tapi budget sangat terbatas, akhirnya ada beberapa hal yang harus dikorbankan, salah satunya adalah media penyimpanan, yaitu HDD atau SSD. Tapi karena kita berbicara tentang budget yang terbatas, SSD sudah pasti tidak masuk pilihan, sedangkan HDD baru mungkin jadi pilihan yang agak sulit bagi beberapa orang. Di sinilah masuk pasar barang bekas (barang seken) dan refurbished.

Perbedaan antara barang seken dan refurbished adalah pengolahan sebelum dijual kembali. Barang seken biasanya tanpa diolah kembali, atau setidaknya pengolahan secara kosmetik saja. Tapi, refurbished biasanya dilakukan pengujian menyeluruh sebelum dijual ke tangan konsumen. Kali ini kita fokus ke HDD seken. HDD Seken yang ada di pasar biasanya adalah HDD bekas karena alasan yang sederhana, yaitu biaya. Teknisnya HDD bisa di-refurbished, tapi biayanya sangat besar sehingga umumnya hanya digunakan untuk kegiatan forensik atau data recovery.

Tidak ada salahnya penulis berikan beberapa tips sebelum membeli HDD bekas!

1. Periksa status garansi

Idealnya sebelum melakukan transaksi barang seken apaun, barang seken harus memiliki garansi. Prinsipnya, garansi 7 haris masih lebih bagus dibanding tanpa garansi. Karena pada saat membeli barang seken berarti kalian juga membeli seluruh risiko, mulai dari kinerja hingga ketahanan produknya. Jarang sekali ada toko yang menawarkan garansi panjang untuk barang seken. Salah satu toko di mangga dua, enterkomputer.com bahkan menyediakan garansi hingga 1 tahun untuk HDD seken mereka.

 

2. Periksa fisik HDD

Pemeriksaan ini tergolong mudah karena bisa dilihat langsung saat transaksi. Kondisi fisik yang perlu diperhatikan adalah jika HDD kotor, terdapat bekas jatuh, dan kondisi baut. Jika kotor ada kemungkinan selama pemakaian tidak terawat dan akan banyak debu yang terkumpul, hal ini berarti ada peluang terjadi konsleting terutama bila debu menumpuk di sekitar PCB. Bekas jatuh menandakan ada peluang jika lengan HDD atau kepingan bergeser, yang berarti ada peluang HDD tersebut tidak akan berumur lama. Sedangkan jika terdapat bekas baut HDD terbuka, jangan dibeli, karena meskipun HDD bisa di refurbished, praktiknya tidak ada yang menjual HDD refurbished kecuali untuk kasus spesial.
HDD Seken
3. Dengar suara HDD

Setelah diperiksa status garansi dan kondisi fisiknya, minta HDD seken tersebut untuk dicolok daya. HDD akan mulai berputar, dengar suara HDD, jika terdengar suara seperti gesekan logam, berarti umur HDD tersebut tidak akan panjang lagi, minta HDD tersebut ditukarkan dengan yang lain. Bunyi gesekan logam tersebut biasanya akibat bunyi lengan baca dngan kepingan. Keduanya meskipun terlihat menyentuh, keduanya tidak pernah menyentuh sehingga mustahil mengeluarkan suara gesekan. Tapi kalau kalian mendengar suara seperti keping berputar cepat tanpa suara gesekan, hal tersebut adalah suara normal HDD saat beroperasi.

 

4. Periksa menggunakan software

Langkah ini cukup sulit dilakukan, jika toko yang menjual tidak mempersiapkan. Setiap HDD 1 dekade terakhir pasti sudah dilengkapi dengan fitur S.M.A.R.T yang merupakan singkatan dari “Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology), seringkali ditulis sebagai SMART. Teknologi ini memudahkan pengguna melihat kondisi kesehatan HDD, dan waktu pakainya. Software untuk melihat SMART sendiri banyak tersedia di Internet, tapi penulis sering menggunakan CrystalDiskInfo yang bisa kalian download langsung di sini. Yang perlu kalian lihat adalah “Health Status”, jika berwarna hijau dan tertulis “Good” berarti masih layak dipakai, selain itu jangan diambil, dan minta HDD lainnya. “Power on hours” juga bisa jadi indikator bagus, untuk melihat selama apa HDD tersebut pernah dinyalakan. Sudah pastinya jika HDD bekas server atau CCTV, waktu menyalanya akan sangat lama.
HDD Seken S.M.A.R.T SMART Software CrystalDiskInfo

Artikel Terkait: