Liva XE Mini PC Serba Bisa yang Pas di Kantong


Share

Liva XE adalah sebuah Mini PC yang dirilis oleh ECS yang berukuran sangat kecil, yaitu 13.5 cm x 8.3 cm x 4 cm, dimana mini PC ini dapat masuk ke kantong celana kalian. Selain itu Liva XE juga bobot yang sangat ringan, yaitu 590 gram yang lebih dari separuhnya disebabkan karena sistem pendingin pasif Liva XE. YEP Liva XE tidak menggunakan kipas sama sekali karena prosesor dan sistem yang digunakannya sangatlah efisien. Liva XE dijual dengan kisaran harga mulai Rp 2.300.000 dengan spesifikasi Intel Celeron Dual Core J3060 2.5 GHz, RAM DDR3L 2 atau 4 GB, dan eMMC 32 atau 64 GB, harga akan bertambah jika kalian memesan dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan OS Windows 10 resmi. Pada paket penjualan Liva XE disertakan sebuah bracket VESA yang dapat dipasang pada mount 100 mm dan 75 mm beserta bautnya, sebuah adaptor power dengan daya 36 Watt, 3 buah colokan listrik untuk soket EU/ Euro (seperti yang kita gunakan di Indonesia), GB/ Inggris (3 kaki), dan US/ Amerika Serikat (2 kaki pipih), DVD utility, kartu garansi, dan buku manual.

 

 

Liva XE hanya menyediakan opsi upgrade berupa slot M.2 yang dapat digunakan untuk menambah storage SSD M.2 SATA. Slot M.2 ini bisa diakses dengan membuka 4 baut yang berada dibawah mini PC, lalu melepaskan heatsink prosesor, dan melepas motherboard dari casing. Sedangkan RAM tidak dapat di-upgrade, karena chip RAM langsung disolder pada motherboard. Liva XE menggunakan wireless card combo Intel WiFi 802.11 ac & Bluetooth 4.2 yang dapat menghubungkan mini PC ini dengan internet via wireless dan peralatan bluetooth kalian dengan mudah.  Mini pc Liva XE memiliki 3 port USB 3.1 type A dimana salah satunya merupakan port EX Charger dimana kalian bisa dengan mudah mengisi daya smartphone kalian menggunakan Liva XE.

Liva XE memiliki 2 output graphic berupa sebuah port HDMI dan sebuah port D-SUB serta sebuah 3.5 mm audio jack untuk I/O audio. Liva XE bisa menggunakan 2 monitor sekaligus, sehingga kalian bisa melakukan multi tasking dengan mudah. Prosesor ultra low voltage Intel Celeron J3060 membuat Liva XE super hemat listrik, walaupun dilengkapi adaptor 36 Watt, Liva XE umumnya hany menggunakan daya 10 Watt saja untuk bekerja, jauh lebih hemat daripada TV di rumah kalian. Liva XE bisa menggunakan berbagai macam Sistem Operasi, yaitu Windows 7, 8.1, dan 10 64 bit, serta kalian bisa menggunakan Android pada mini PC ini.

Berikut beberapa hasil benchmark Liva XE

Cinebench R15

Geekbench 3.1.4


User Benchmark


PCMark 10

Hasil benchmark Liva XE menunjukan bahwa Mini PC ini cocok digunakan untuk dunia pendidikan yang dapat digunakan oleh para pelajar untuk mengerjakan tugas-tugasnya ataupun penggunaan pribadi dalam mengolah data menggunakan Microsoft Office. Para wirausahawan yang ingin menggunakan mini PC yang hemat daya dan kantong  juga wajib melirik LivaXE sebagai pilihan utama. Selain itu, Liva XE juga dapat digunakan sebagai perangkat tambahan pada TV LCD kalian, sehingga tv kalian bisa gunakan sebagai SmartTV, yaitu untuk browsing internet, streaming Youtube, atau Netflix. Jadi, Liva XE dengan ukuran mungil ini adalah sebuah mini PC serba bisa bagi semua kalangan.

Kalian juga bisa melihat videonya berikut ini:

Artikel Terkait: