Perbedaan Format Partisi GPT dan MBR pada Hard Disk


Share

Saat ini hard disk atau SSD memiliki 2 jenis format partisi yang dapat kalian gunakan, yaitu GPT (GUID Partition Table) dan MBR (Master Boot Record). Kedua format ini berbeda secara generasi, dimana GPT yang di standarisasi pada tahun 2010 adalah format partisi paling modern dengan kapasitas partisi hingga 9.4 Zettabyte atau sekitar 9 milyar Terabyte. Sedangkan MBR hanya mampu memiliki partisi hingga 2 Terabyte.

 

 

Hard disk dengan format partisi GPT membutuhkan UEFI yang mampu melalukan UEFI boot. UEFI atau Unified Extensible Firmware Interface adalah penngembangan lebih lanjut dari BIOS yang menangani hubungan antara sistem operasi seperti Windows 10 dengan firmware motherboard. Sedangkan pada hard disk dengan format partisi MBR, saat ini sudah menggunakan legacy boot, dimana akan segera ditinggalkan.

Jika kalian merakit atau membeli PC baru, sebelum melakukan instalasi sistem operasi, pastikan UEFI boot kalian telah aktif pada UEFI BIOS. Lalu saat kalian ingin melakukan instalasi Windows, segera ubahlah format partisi hard disk kalian menjadi GPT dan install Windows 10 pada partisi hard disk yang kalian inginkan. Khususnya jika kalian menggunakan SSD sebagai penyimpanan utama sistem operasi kalian, sehingga booting Windows akan lebih cepat.

Artikel Terkait: