Saham AMD Mencapai Puncak!!


Share

Berdasarkan laporan Q2 atau pertengahan tahun 2018, saham AMD atau Advanced Micro Devices mencapai titik tertingginya. Peningkatan nilai saham AMD ini sebetulnya sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu. Hal ini bisa jadi karena AMD merajai pasar cryptocurrency dengan graphic card Radeon RX 500 series dan Vega yang menjadi senjata utama para bit coin miner. Menurut Jon Peddie Research, AMD menguasai dua pertiga pasar cryptocurrency dengan produk Radeon-nya. Namun, peningkatan harga saham AMD juga dapat dikaitkan dengan kepercayaan pasar bahwa AMD mampu mengembangkan teknologi prosesor Ryzen dan EPYC dengan baik.

AMD memang sedang getol-getolnya merilis produk terbarunya sejak 2016 yang diawali dengan produk Radeon RX 400 series, lalu prosesor Ryzen yang memiliki 8 core dengan harga murah serta pendingin Wraith yang sensasional. Prosesor Ryzen yang sangat kompetitif dengan pesaingnya dari Intel, tentunya menjadi salah satu alasan atas kenaikan saham AMD ini. Lalu AMD juga merilis APU Ryzen Raven Ridge yang tersedia untuk komputer desktop dan laptop dengan harga yang terjangkau, namun memiliki performa yang hampir setara graphic card diskrit Nvidia GeForce GT1030 dengan Radeon Vega yang tertanam pada prosesornya.

ryzen

Jika saham dan kepercayaan pasar terhadap AMD terus menerus meningkat, bukan tidak mungkin AMD mengambil haluan arah perkembangan teknologi CPU dan GPU sekaligus, seperti pada tahun 2018 AMD merilis prosesor komersil dengan teknologi 12 nm, yaitu Ryzen Pinnacle Ridge. Lalu, para gamers dapat berharap AMD dapat merilis produk graphic card Radeon terbaru dan terpisah yang dikhususkan untuk game dan mining cryptocurrency, sehingga gamer bisa mendapatkan graphic card Radeon dengan harga yang wajar dari AMD, yaitu murah dan powerful.

Artikel Terkait: