Sony IMX586, Sensor Kamera 48 Megapixel untuk Smartphone!!!

Sony IMX586

Share

Sony Corporation baru saja mengumumkan perilisan sensor gambar untuk kamera smartphone, yaitu IMX586. Sensor tersebut didaulat sebagai sensor gambar untuk smartphone dengan jumlah pixel terbanyak untuk smartphone saat ini, yaitu 48 Megapixel. Ukuran 48 efective megapixel tersebut didapatkan dari ukuran pixel 0.8 μm yang dibenamkan dalam unit berukuran hanya 8mm saja.

Sony IMX586 48 megapixel 12 megapixel

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh IMX586 sudah pasti adalah resolusi yang ditawarkan, yaitu 48 effective megapixel yang didapatkan dari susunan pixel berukuran 0,8 μm. Resolusi yang tinggi tersebut secara tidak langsung akan berpengaruh pada fitur-fitur smartphone yang ditawarkan. Bayangkan, smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S9 masih menggunakan sensor berukuran 12 MP, dengan menggunakan sensor 48 MP dapat menghasilkan digital zoom 2x tanpa ada perbedaan kualitas gambar dengan sensor 12 MP.

Sony IMX586 Quad Bayer Technology Low Light Kurang Cahaya

Fitur lainnya adalah teknologi Quad Bayer. Teknologi Quad Bayer, sederhananya adalah menggabungkan pixel dalam bentuk 2×2 pixel menjadi 1 pixel, sehingga memungkinkan untuk menangkap objek di kondisi kurang cahaya dengan lebih baik. Dengan menggaungkan 4 pixel tersebut, sensitivitas sensor akan meningkat sehingga akan mengurangi noise pada gambar. Teknisnya dengan sensor 48 MP, teknologi Quad Bayer akan menghasilkan gambar berukuran 12 MP di kondisi kurang cahaya, mengingat sebagian smartphone akan menurunkan resolusi di kondisi ruang cahaya di rentang 3-5 MP.

Sony juga mengklaim jika sensor IMX586 akan mampu memiliki dynamic range lebih baik hingga 4 kali dari produk sebelumnya sehingga mampu menangkap cahaya yang sangat terang dan sangat gelap seketika itu juga.

Artikel Terkait: