Thronmax Menghadirkan Audio Kualitas Studio di Indonesia pada Acara LeapFrog Megatrends 2018


Share

Pada acara peluncuran dan perkenalan produk-produk LeapFrog pada acara tahunan LeapFrog Megatrends 2018 yang berlokasi di Resort Radisson Blu Uluwatu, Bali. Thronmax, Ltd. sebagai perusahaan yang bergerak di bidang audio bekerja sama dengan LeapFrog (prinsipal brand Armaggeddon, Sonicgear, Alcatroz, Elysium, dan AudioBox) untuk membawa microphone definisi tinggi dengan kualitas studio yang merekam pada 48 kHz 16-bit di bawah brand Thronmax MDRILL Zero dan MDRILL One PRO.
Thronmax LeapFrog Megatrends Indonesia
Sekilas mengenai Thronmax, Ltd. Thronmax, Ltd. adalah perusahaan yang berbasis di Shenzhen, China yang telah berdiri sejak Juni 2007. Thronmax, Ltd. bermula sebagai perusahaan OEM dan ODM yang memproduksi banyak aksesoris high-end untuk professional gaming, smartphone, serta tablet. Pada tahun 2013 mulai mengembangkan brand sendiri, yaitu Thronmax yang menghadirkan kualitas audio definisi tinggi yang setara dengan kualitas studio pada 48 kHz 16-bit.

Setidaknya ada 2 produk yang penulis fokuskan, yaitu Thronmax MDRILL Zero dan MDRILL One PRO. Kedua microphone tesebut memiliki perbedaan pada jumlah condenser yang dipasangkan. MDRILL Zero memiliki 2 condenser, sedangkan MDRILL One PRO memiliki 4 condenser. Perbedaan kondenser yang ada sudah pasti mempengaruhi fitur yang yang dapat dihadirkan.

Thronmax MDRILL Zero LeapFrog Megatrends

MDRILL Zero yang memiliki 2 condenser mampu merekam dalam 2 mode, yaitu Cardioid dan Omnidirectional. Sedangkan MDRILL One PRO yang memiliki 4 condenser mampu merekam selain dalam mode Cardioid dan Omnidirectional, memiliki tambahan merekam Stereo, Bidirectional, serta Noise Reduction.

Mode Cardioid berarti suara perekaman akan difokuskan di bagian depan, sehingga mengurangi suara latar belakang, Omnidirectional berarti kemampuan merekam seluruh suara yang ada di sekitar Microhpone, Stereo adalah kemampuan untuk merekam dengan channel berbeda sehingga menghasilkan efek surround. Bidirectional artinya kemampuan untuk merekam 2 arah berbeda yang cocok untuk wawancara tatap muka. Sedangkan Noise Reduction berarti microphone akan merekam suara yang dekat dengan microphone.

Untuk kualitas audio studio, Thronmax menggunakan perekaman digital melalui USB Type-C yang terletak dibagian bawah microphone, pada paket penjualan sudah disediakan kabel Type-C braided dengan panjang 3 meter. Ada 1 port AUX yang setelah penulis coba berfungsi sebagai Audio Out, menurut penulis port tersebut mungkin untuk mempermudah cable management sehingga tampilan bisa lebih rapi.

Kalau kalian enthusiast audio, mungkin akan memilih untuk menggunakan koneksi XLR. Meskipun pada varian MDRILL Zero dan One PRO menggunakan USB Type-C, penulis bisa memakluminya mengingat harga yang ditawarkan mulai dari 1 jutaan untuk MDRILL Zero. Sehingga cocok untuk dipakai bagi yang ingin menjadi streamer, podcaster, dan pebisnis. Koneksi USB Type-C berarti kalian bisa memasangkan pada smartphone kalian menggunakan USB OTG. Tapi, Thronmax juga berencana untuk mengaluarkan varian XLR pada paruh waktu pertama 2018 kalau kalian menginginkan kualitas audio yang lebih baik.

Specifications MDRILL One PRO MDRILL Zero
Microphone
Power 5V, 300mA
Sample Rate 48 kHz
Bit Rate 16 bit
Capsules
4 condensers 2 condensers
3x 14mm & 1x 10mm 1x 14mm & 1x10mm
Frequency Response 20Hz – 20kHz
Headphone Amplifier
Power Output 180 mW
Impedance >16 ohms
Frequency Response 15Hz – 22kHz
Features
Mute
Cardioid
Omni-directional
Stereo
Bi-directional
Noise Reduction
Supported OS
PC / MAC with USB Port
Windows 7 or higher
MacOS 10.7 or higher
Sony PlayStation 4

 

Artikel Terkait: