Tips Bertahan Hidup di Dunia Frostpunk


Share

Frostpunk adalah game yang cukup sulit dan memerlukan proses penyesuaian yang cukup tinggi bagi sebagian besar gamers. Namun begitu, Frostpunk adalah game yang menarik dan patut dicoba. Untuk itu, penulis mencoba untuk memberikan beberapa tips agar gamers dapat bertahan hidup di dunia Frostpunk.

guide frostpunk

Segera Lakukan Riset

Saat gamers memulai permainan, kalian akan memiliki sumber daya yang cukup untuk membangun sebuah bengkel (workshop) . Bengkel tersebut dapat diisi dengan 5 insinyur yang bertugas untuk melakukan berbagai riset. Teknologi serta inovasi yang dihasilkan oleh para insinyur memiliki manfaat yang sangat besar bagi kelangsungan koloni kalian.

Bengkel dapat membantu gamers dalam mengumpulkan beragam sumber daya dengan berbagai cara, dan membantu mengembangkan teknologi yang dapat memungkinan pembangunan bangunan serta mesin penghangat bagi koloni kalian. Selain itu, bengkel adalah satu-satunya tempat dimana gamers dapat meningkatkan kemampuan generator koloni kalian, yang sangat penting bagi kelangsungan hidup di dunia Frostpunk yang dilanda musim salju abadi. Gamers disarankan untuk membangun bengkel pada hari pertama saat memulai permainan.

guide frostounk

Jelajahi Wilayah Sekitar Koloni

Salah satu alasan kenapa bengkel menjadi bangunan yang penting adalah kemampuan riset. Dengan adanya bengkel, gamers dapat mengembangkan teknologi suar, yang digunakan untuk mengirim ekspedisi penjelajahan ke wilayah disekitar koloni kalian. Para penjelajah yang dikirim dalam ekspedisi tersebut, kemudian dapat kembali dengan membawa beragam sumber daya.

Penjelajahan dan mengirim ekspedisi ke wilayah sekitar koloni sangatlah penting dilakukan di awal permainan, karena seiring berjalannya permainan, badai salju yang berada di luar koloni kalian akan menjadi semakin parah, sampai ke titik dimana badai tersebut akan membunuh siapapun yang berada di luar koloni kalian.

Jadi, jika kalian tidak melakukan ekspedisi pada awal mulainya permainan, maka sumber daya yang tersebar di luar koloni kalian akan hilang permanen. Jangan lupa juga untuk menggerakkan para penjelajah kalian untuk menghindari badai salju yang mungkin menghadang, karena badai salju dapat membunuh mereka.

guide frostpunk

Pertimbangkan Siapa Yang Layak Hidup

Frostpunk adalah sebuah game yang memiliki pendekatan menarik terkait dengan nyawa manusia, nyawa warga yang berada di dalam koloni kalian. Didalam Frostpunk, semua orang memiliki nama mereka masing-masing, mereka dapat berkeluarga, memiliki anak, memiliki harapan, pendapat, keluhan, kebutuhan dan lain sebagainya. Hal ini dapat memberikan keterikatan sendiri antara gamers dengan para warga yang mereka pimpin.

Namun begitu, Frostpunk adalah game yang bertempat di sebuah dunia yang keras, yang dilanda musim salju abadi, sehingga gamers juga perlu memikirkan apakah seorang warga memiliki kontribusi yang cukup untuk dapat dianggap layak hidup dan tinggal didalam koloni, ataukah warga itu menghabiskan sumber daya dan ruang tempat tinggal bagi koloni lain tanpa adanya sumbangan tenaga maupun ide yang berarti.

Frostpunk adalah game yang menguji kepemimpinan dan kemampuan management para gamers. Gamers akan dihadapkan dengan beragam situasi sulit dalam Frostpunk, mulai dari krisis makanan, kesehatan dan tentu saja, mempertimbangkan siapa yang berguna bagi kelangsungan koloni, dan siapa yang tidak.

guide frostpunk

Manfaatkanlah Hari-Hari Pertama Sebaik Mungkin

Meskipun Frostpunk adalah game yang sulit, beberapa hari pertama dapat dilewati dengan cukup mudah. Bisa dikatakan, beberapa hari pertama adalah masa orientasi, dimana gamers tidak berhadapan langsung dengan beragam situasi sulit yang ada di dalam game tersebut. Manfaatkanlah hari-hari pertama di dalam game dengan sebaik mungkin untuk mempersiapkan koloni kalian menghadapi tantangan-tantangan yang akan menghadang di masa depan. Kumpulkanlah sumber daya sebanyak-banyaknya dan lakukanlah riset.

Setelah hari keempat, dan setelah temperatur cuaca turun lebih jauh, kalian sebaiknya sudah memiliki cadangan sumber daya yang cukup baik dan penataan koloni yang rapi, karena sekitar hari ke-empat hingga seterusnya, keadaan akan menjadi lebih sulit dan menantang. Sejak hari ke-empat, gamers perlu untuk mulai memikirkan matang-matang langkah yang akan diambil, karena cuaca akan terus memburuk. Pastikan kalian memiliki tempat tinggal yang cukup, dan jaga agar generator tetap terus menyala, sehingga dapat memberikan kehangatan bagi warga koloni.

guide frostpunk

Rencanakan Langkah ke Depan

Ini mungkin tidak perlu dijelaskan lagi, tapi, rencanakanlah langkah ke depan. Jika semuanya berjalan dengan baik, selalu rencanakan langkah-langkah untuk menghadapi situasi yang buruk. Persiapkan koloni jika tiba-tiba suhu menurun lebih jauh, dan jangan berhenti meningkatkan kenyamanan para warga.

Jika ingin bertahan di dunia Frostpunk, gamers perlu memilah prioritas , karena kalian tidak akan bisa menyelesaikan semua masalah secara cepat, instan dan mudah. Malahan yang sering terjadi adalah, masalah menumpuk dan kalian menjadi kewalahan menanganinya, jadi cobalah untuk memilah prioritas dan menangani masalah dari yang paling penting hingga yang paling sepele.

guide frostpunk

Frostpunk adalah game yang cukup sulit dan menantang, namun game ini mungkin cocok bagi kalian yang gemar game dengan genre strategi atau management. Kalian yang gemar tantangan juga mungkin akan menghargai tingkat kesulitan yang ada di dunia Frostpunk.

Frostpunk saat ini telah hadir di PC.

Artikel Terkait: