Tips Panduan Job Dalam Octopath Traveler


Dalam setiap game, gamers tentunya perlu melatih setiap anggota tim agar memiliki kemampuan dan keahlian yang saling melengkapi satu sama lain jika ingin memaksimalkan efisiensi tim yang kalian miliki. Begitu juga didalam game Octopath Traveler, gamers perlu mengetahui seluk-beluk setiap job dan sub-job yang ada untuk memaksimalkan efisiensi tim. Job adalah suatu set (rangkaian) kemampuan yang telah dimiliki oleh setiap karakter dari awal permainan. Sementara sub-job dapat dipelajari dari berbagai kuil atau altar yang ada didalam game. Berikut adalah daftar dari 8 job yang ada, serta masukan untuk sub-job yang tepat yang dapat menutup kekurangan masing-masing job.

octopath traveler

MERCHANT

Merchant adalah job class yang dimiliki Tressa. Merchant adalah job class yang cukup unik, karena kurang memiliki kemampuan ofensif yang baik. Kemampuan ofensif merchant bertumpu pada wind magic. Namun begitu, merchant memiliki sejumlah skill yang dapat digunakan untuk mendukung tim saat bertempur. Merchant dapat memegang peran sebagai support sebuah tim dengan Donate BP dan Sidestep. Merchant juga dapat menggunakan Rest untuk menyembuhkan diri dan memulihkan stamina. Meski begitu, sepertinya skill Merchant yang paling berguna adalah Hired Help, dimana gamers dapat menggunakan uang (in-game tentunya, bukan uang beneran) untuk meningkatkan serangan fisik serta menghadirkan berbagai buff positif untuk tim. Merchant juga dapat menggunakan skill Collect untuk merampas uang dari musuh. Sub-job yang cocok bagi merchant adalah semua tipe job yang dapat meningkatkan kemampuan ofensif, seperti Warrior atau Hunter.

octopath traveler

SCHOLAR

Scholar adalah job class yang dimiliki Cyrus. Sihir adalah keahlian scholar. Dari aal permainan scholar sudah dilengkapi dengan sejumlah kemampuan sihir (spell) yang memiliki jangkauan serangan cukup luas. Tentunya hal tersebut sangat bermanfaat dalam menghadapi musuh yang bergerombol. Selain itu, scholar juga dapat menggunakan skill Analyze untuk mempelajari kelemahan lawan serta melihat seberapa banyak nyawa mereka. Analyze juga dapat ditingkatkan agar bisa melihat lebih dari satu kelemahan yang dimiliki lawan. Sub-job yang tepat bagi scholar adalah profesi yang dapat melengkapi kemampuan sihir mereka dengan jenis-jenis sihir lainnya. Dancer, cleric atau bahkan merchant dapat menjadi pilihan yang cocok.

octopath traveler

WARRIOR

Warrior adalah job class yang dimiliki Olberic. Seperti biasa, job yang satu ini dapat berfungsi sebagai tank yang menyerap dan menahan serangan musuh, sekaligus menyerang balik dengan kemampuan ofensif yang baik. Sama seperti warrior di game pada umumnya, job class yang satu ini bertumpu pada serangan fisik dan tidak memiliki kemampuan sihir yang baik. Level Slash adalah skill utama warrior, dan dapat digunakan untuk menyerang beberapa musuh sekaligus. Jika gamers ingin agar warrior kalian dapat menjadi pilar untuk menahan dan menyerap serangan musuh, maka dianjurkan untuk mengambil skill Stout Wall untuk membangun ketahanan fisik dan Incite untuk menarik perhatian musuh. Warrior adalah tipe job yang boleh dibilang cukup simple, jadi ada banyak kemungkinan sub-job yang baik untuk diambil. Kalian dapat mengambil sub-job cleric atau dancer jika ingin menambah kemampuan bertahan warrior, atau jika ingin full offense boleh mengambil sub-job hunter.

octopath traveler

THIEF

Thief adalah job class yang dimiliki Therion. Thief adalah job class yang ahli dalam melemahkan pertahanan musuh. Shackle Foe dan Armor Corrosive berfungsi untuk mengurangi pertahanan serta serangan fisik lawan. Skill HP Thief dapat digunakan untuk menyembuhkan thief jika tidak ada healer, sementara Steal SP dapat dipakai sebagai alternatif untuk memulihkan stamina. Selain itu, thief juga dapat membagi stamina yang sudah diambil dari musuh kepada semua anggota tim yang lain, dengan menggunakan skill Share SP. Namun skill tersebut akan memakan sekitar setengah dari poin stamina si thief sendiri, jadi gunakanlah dengan baik. Mirip dengan warrior, thief adalah tipe job yang multifungsi dan dapat dipadu dengan sub-job yang sesuai dengan selera gamers. Jika ingin mengambil peran support yang baik, maka thief dapat dicampur dengan sub-job dancer maupun cleric, jika menggunakan pendekatan yang lebih ofensif maka dapat mengambil sub-job Warrior atau Hunter.

octopath traveler

DANCER

Dancer adalah job class yang dimiliki Primrose. Spesialisasi dancer adalah memberikan buff pada tim. Dancer dapat meningkatkan kekuatan fisik, elemental, serangan dan kecepatan para anggota tim. Boosting kemudian bisa menambah durasi buff yang diberikan oleh dancer. Bagi yang suka mengambil resiko, dancer memiliki skill yang disebut Bewildering Grace. Skill tersebut memiliki efek yang acak setiap kali digunakan, jadi gamers tidak pernah tahu apakah skill tersebut akan membantu atau malah menyusahkan kalian. Satu saat gamers bisa mendapatkan efek yang berguna seperti heal yang berdampak ke semua anggota tim, di saat lainnya, semua nyawa anggota tim kalian dapat berkurang hingga lebih dari setengah. Dancer adalah ahli dalam urusan buff, jika gamers ingin melengkapinya dengan debuff maka ambil sub-job thief. Jika kalian ingin kemampuan pertahanan sihir yang lebih baik, campur dancer dengan sub-job cleric.

octopath traveler

CLERIC

Cleric adalah job class yang dimiliki Ophilia. Cleric adalah healer utama dalam tim kalian, bahkan kemampuan heal yang paling mendasar dimiliki oleh Cleric, dapat memulihkan setidaknya seperempat nyawa semua anggota tim. Semua skill healing yang dimiliki Cleric menyembuhkan seluruh anggota tim, bahkan skill Revive, yang berfungsi untuk menghidupkan karakter yang mati, berdampak pada seluruh tim. Tapi sebagai efek sampingnya, skill Revive hanya berfungsi membangkitkan karakter, dan tidak sekaligus memulihkan nyawa mereka. Cleric juga dapat berperan sebagai support dengan Reflective Veil, yang dapat memantulkan sihir ofensif kembali ke musuh, serta Sheltering Veil untuk meningkatkan pertahanan pada berbagai elemen (api, es, petir). Jika ingin mendapatkan healer yang sempurna, gabungkanlah Cleric dengan sub-job apothecary. Cleric juga dapat digabung dengan sub-job thief, karena skill Steal SP yang dimiliki thief dapat membantu cadangan stamina Cleric.

octopath traveler

APOTHECARY

Apothecary adalah job class yang dimiliki Alfyn. Berbeda dengan cleric, dengan skill yang berdampak pada seluruh anggota tim, skill-skill yang dimiliki apothecary berfokus pada target individu. Namun sebagian besar skill apothecary memiliki dua efek. Contohnya, skill Vivify memiliki dua efek, menghidupkan kembali karakter yang mati, serta memulihkan nyawa mereka dalam jumlah yang cukup baik. Rehabilitate dapat menyembuhkan semua status buruk yang ada pada seorang anggota tim, sekaligus melindungi mereka dari status-status buruk lainnya untuk beberapa saat. Dalam keadaan terdesak, apothecary dapat menggunakan serangan fisik mereka, Last Stand serta Amputation. Seperti yang sudah ditulis diatas, jika ingin berkonsentrasi pada healing, maka apothecary patut dipadu dengan sub-job cleric, sementara jika ingin karakter yang cukup berimbang dalam bertahan maupun menyerang, campur apothecary dengan warrior.

octopath traveler

HUNTER

Hunter adalah job class yang dimiliki H’annit. Sayangnya, skill Beast Lore, hanya dimiliki oleh H’annit, dan tidak akan muncul dalam daftar skill karakter lain jika mereka memilih job class hunter. Selain Beast Lore, semua skill hunter lainnya dapat digunakan oleh karakter lain yang memilih job class ini. Hunter adalah ahli dalam pertempuran jarak jauh, dan memiliki beragam serangan ofensif kuat baik bagi target individu maupun bagi musuh yang bergerombol. Rain of Arrows adalah sebuah skill yang dapat digunakan untuk memperlemah pertahanan musuh, sehingga serangan dari anggota tim yang lain, dapat memiliki efek yang lebih besar. Arrowstorm adalah versi Rain of Arrows yang dapat digunakan pada sejumlah musuh sekaligus. Gamers juga dapat menggunakan Leghold Trap untuk menghambat pergerakan dan mengurangi efektifitas bertarung lawan. Sementara itu, True Strike dapat digunakan untuk menghantam musuh dengan kekuatan yang cukup besar. Serupa dengan warrior, hunter adalah job class yang bertumpu pada serangan fisik. Jadi, hunter dapat digabungkan dengan dancer maupun cleric, untuk menambah kemampuan support mereka.

octopath traveler

Octopath Traveler saat ini telah hadir di Nintendo Switch.

Artikel Terkait: