Waspada Gaming Disorder! Apakah Kalian Salah Satunya?

Waspada Gaming Disorder! Apakah Kalian Salah Satunya?

Share

Game online adalah salah satu game yang paking banyak dimainkan oleh masyarakat di era sekarang ini. Ada berbagai genre game yang beredar dengan misi dan keseruan yang berbeda beda. Dilengkapi pula dengan grapik yang bagus. Sekarang ini para pencinta game kebanyakan dari kalangan usia remaja. Bermain game memang mengasikkan, bisa digunakan untuk mengisi waktu luang. Tapi kalian juga harus memperhatikan waktu. Terkadang seseorang yang bermain game, akan lupa akan waktu karena terlalu asik. Padahal hal ini tidak baik. Sekarang ini bahkan sudah ada disorder baru yang dimasukkan ke dalam International Classification of Disease (ICD) WHO, yaitu gaming disorder. Ini adalah kondisi dimana seseorang mengalami kecanduan bermain game. Para penderita gaming disorder ini biasanya sudah menyadari efek negatif yang didapatkan akibat bermain game secara terus menerus. Tapi mereka tidak peduli dan tetap melanjutkan game tersebut.

Seseorang yang menderita gaming disorder bisa sampai mengalami gangguan mental. Hal ini sudah terbukti dari beberapa kasus yang sudah terjadi. Penderita gaming disorder memiliki beberapa ciri-ciri yaitu:

Waspada gaming disorder, apakah kalian salah satunya ?

  1. Bisa menghabiskan waktu berjam jam bahkan berhari hari untuk bermain game. Seorang gaming disorder lebih menyukai menghabiskan waktu di depan komputer untuk memainkan game, dari pada melakukan aktivitas harian. Penderita disorder ini kebanyakan bisa menjadi seseorang yang introvet. Mereka bisa lupa makan, bahkan mandi saat sedang asik berain game.
  2. Lebih menyukai dunia game dari pada dunia nyata. Dari pada membangun pertemanan di dunia nyata, para gaming disorder lebih suka menjalin pertemanan di dunia maya dengan rekan gamers online-nya. Kebanyakan dari mereka akan kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kehidupan yang sulit, membuat mereka lebih menyukai dunia game. Karena di game, mereka bisa menjadi seseorang yang diinginkan. Bisa dibilang sebagai media melarikan diri dari realita kehidupan.
  3. Akan merasa tidak nyaman jika tidak bermain game. Bahkan pada beberapa penderita gaming disorder akan mengalami gelisah dan bingung jika tidak bermain game. Ada juga yang akan emosi dan marah-marah jika disuruh berhenti bermain game.

Intinya gaming disorder adalah seseorang yang mengalami kecanduan game dan termasuk dalam kategori gangguan jiwa. Biar bagaimanapun, seseorang bisa dikatakan sebagai gaming disorder jika sudah melakukan pemeriksaan. Seseorang bisa dikategorikan sebagai gaming disorder jika terus bermain game paling tidak selama 12 bulan berturut-turut.

Bermain game memang boleh, tapi harus sadar waktu. Selain itu, game bukan media untuk melarikan diri. Game hanya sarana untuk hiburan dan mengisi waktu luang saja. Dan selalu ingat, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Jadi jangan hanya melarikan diri dari masalah dengan bermain game. Coba dan berusahan selesaikan masalah tersebut.

Artikel Terkait: