Wraith Series Fan dari AMD Ryzen


Share

Saat kalian membeli prosesor AMD Ryzen, kalian akan mendapatkan kipas pendingin prosesor atau Heat Sink Fan (HSF) Wraith series. HSF Wraith bawaan prosesor AMD terkenal dengan kemampuan pendinginan yang luar biasa dan  tampilan yang garang. Hal ini karena AMD tidak main-main dalam memberikan solusi murah namun powerful untuk pengguna  dengan budget terbatas.

Berikut 5 jenis HSF AMD Wraith yang bisa kalian dapatkan dari pembelian AMD Ryzen:

  • AMD Wraith MAX dan PrismwraithKedua HSF ini memiliki pengait standar socket AMD, sehingga kalian bisa menggunakan HSF super keren dengan 4 heat pipe ini di semua motherboard yang memiliki Socket AM3, FM2+, dan AM4. Selain itu, jika kalian menggunakan prosesor Intel, kalian tinggal membeli adapter ring socket LGA untuk memasangkan HSF ini pada motherboard LGA 115x kalian. HSF ini bisa kalian dapatkan dari pembelian prosesor AMD Ryzen 2700X untuk Wraith Prism dan Ryzen 1700X dan 1800x untuk Wraith Max. Kalian juga bisa mendapatkan kedua HSF spesial ini dari toko retail, karena HSF Wraith ini juga dijual terpisah tanpa prosesor (tentu dengan harga yang WoW!). HSF ini mampu bekerja optimal untuk prosesor dengan TDP 140 Watt.
  • AMD Wraith Spire RGB dan non-RGBwraith amdHSF ini merupakan kelas yang lebih rendah dibandingkan MAX, karena tidak memiliki heatpipe untuk mengalirkan panas ke sirip alumunium. Namun jangan salah, HSF ini memiliki lempengan tembaga yang berbentuk seperti mangkok pada bagian yang menempel pada prosesor. Lempengan tembaga ini akan membuat panas prosesor mudah diserap oleh prosesor dan dialirkan ke sirip alumunium. HSF ini bisa kalian dapatkan dengan membeli prosesor Ryzen 7 2700 dan 1700 untuk Wraith Spire RGB, sedangkan untuk pembelian prosesor Ryzen 5 2600X, 1600, dan 1500X kalian akan mendapatkan Wraith Spire biasa. HSF ini mampu bekerja optimal untuk prosesor dengan TDP 95 Watt.
  • AMD Wraith Spire Stealth
    Kelas terendah dari Wraith Ryzen series ini memang tidak terlihat mewah, namun performa untuk pendinginan prosesor AMD Ryzen dengan TDP 65 Watt, HSF  ini sudah cukup mumpuni. HSF ini akan kalian dapatkan dengan pembelian prosesor Ryzen 5 2600, 2400G, dan 1400 serta Ryzen 3 2200G, 1300X, dan 1200. Jika kalian berencana melakukan overclock prosesor Ryzen kalian, sangat tidak disarankan untuk tetap menggunakan HSF ini, segera dapatkan HSF aftermarket dengan performa yang lebih tinggi.

 

Pada AMD Wraith Spire dan Stealth terdapat 2 jenis fan, yaitu kipas dengan 7 bilah dan 5 bilah. Tidak ada perbedaan yang berarti diantara keduanya. Namun kipas dengan 5 bilah diyakini lebih senyap dan lebih menarik.
wraith
Kalian dapat menggunakan Wraith MAX dan Prism dengan berbagai socket AMD atau Intel, namun untuk Wraith seri Spire dan Stealh, kalian hanya bisa menggunakannya di Socket AM4 saja. Jika kalian tertarik untuk menggunakan Wraith series, pastikan HSF tersebut memiliki pengait standar AMD!

Artikel Terkait: