Tips Membeli Laptop Gaming


Share

Laptop gaming memang masih memiliki performa yang lebih rendah dibandingkan PC Gaming Desktop dengan harga yang sama dan tipe komponen yang sama. Namun, banyak orang membutuhkan laptop gaming karena portabilitasnya, dimana kalian bisa bermain dimana pun. Untuk membeli laptop gaming, kalian tidak hanya mencari laptop dengan spesifikasi yang tinggi, namun kalian harus memikirkan faktor keyboard, monitor, dan pendingin yang digunakan oleh laptop tersebut. Nah, sekarang Ulasan ID akan memberikan tips membeli laptop gaming, agar kalian bisa mendapatkan laptop gaming impianmu dengan budget yang kalian miliki.

Tips Singkat

  • Prioritaskan GPU
    Hampir semua game sangat bergantung pada GPU yang bagus dan pada laptop, kalian tidak dapat mengganti GPU seperti mengganti graphic card pada PC desktop. GPU yang bagus akan membuat laptopmu bisa digunakan untuk beberapa tahun kedepan tanpa kendala yang berarti.
  • Upgradeable
    Banyak laptop gaming yang  memberikan akses mudah bagi penggunanya untuk melakukan upgrade RAM dan Storage dengan slot SATA dan M.2. Rencanakan upgrade dari awal, sehingga kalian bisa menggunakan laptop gaming dengan optimal.
  • Monitor
    Kalian harus memilih antara refresh rate atau resolusi monitor saat berencana membeli laptop gaming. Saat ini, laptop dengan refresh rate 144 Hz hanya menggunakan resolusi FullHD atau 1920 x 1080p. Laptop dengan monitor beresolusi 4K tentunya akan memiliki refresh rate yang lebih rendah, selain itu GPU akan bekerja lebih berat pada resolusi yang tinggi.
  • Keyboard
    Laptop dengan keyboard yang bagus akan membuat kalian bermain dengan lebih nyaman. Selain itu, kalian tidak perlu membawa-bawa keyboard gaming yang menambah berat tas saat ingin bepergian.
  • Baterai
    Jangan pikirkan kapasitas baterai, karena laptop gaming membutuhkan power adaptor agar bekerja dengan maksimal.

Graphic Processing Unit

Laptop gaming umumnya memiliki GPU dari kelas Nvidia GeForce GTX 1050 atau AMD Radeon RX 560. Namun laptop bisnis dengan harga yang lebih murah dibanding laptop gaming dan telah dilengkapi GPU diskrit bisa menjadi pilihan bagi kalian yang tidak memiliki budget untuk mendapatkan gaming laptop. Berikut beberapa tingkatan GPU diskrit yang digunakan oleh laptop gaming maupun laptop bisnis yang bisa kalian pertimbangkan saat membeli laptop gaming.

 

  • Kelas “Bisnis” – Low Budget Gaming 
    Laptop bisnis dengan harga 10 juta Rupiah kebawah dan memiliki GPU diskrit yang menggunakan VRAM GDDR5 menjadi pilihan termurah untuk para gamer yang membutuhkan Laptop Gaming. Kalian bisa mendapatkan berbagai GPU kelas bawah yang bisa digunakan untuk bermain game di resolusi HD atau bahkan FullHD, namun dengan setting yang tidak rata kanan.
    Untuk graphic card dari Nvidia kalian bisa mendapatkan GPU MX150 atau versi mobile dari GT 1030 yang sudah beken di PC Gaming super murah atau MX 130, hasil rebrand GeForce 940MX. Untuk AMD Radeon kalian bisa mendapatkan GPU dari seri RX 400 dan 500, yaitu RX 460, RX 540, RX 550, dan RX 560.  Ryzen Raven Ridge Mobile bisa membuat pilihan laptop gaming kalian semakin luas. Sayangnya harga laptop bertenaga Ryzen APU hampir menyamai laptop dengan GPU diskrit yang tidak memerlukan memory internal serta performa lebih baik.
  • Kelas Mainstream – Entry Level Gaming
    Laptop Gaming sesungguhnya berada pada kelas ini, karena telah menggunakan graphic card kelas Geforce GTX yang memang dibuat untuk bermain game. Laptop Gaming ini bisa kalian dapatkan dengan harga mulai 10 juta hingga 15 juta Rupiah. Kalian bisa mendapatkan GPU Nvidia GeForce GTX 1050 dan GTX 1050Ti pada laptop gaming kalian.
  • Kelas Performance – Mid End Gaming
    Jika kalian memiliki budget 16 juta sampai 20 juta Rupiah, kalian bisa mendapatkan laptop gaming dengan GPU Nvidia GTX 1060 atau varian Max Q yang membuat laptop gaming menjadi lebih tipis dan ringan. Jika kalian suka menggunakan GPU Radeon, kalian bisa mencari laptop dengan GPU AMD Radeon RX 580 dengan harga hampir 20 juta Rupiah.
  • Kelas Sultan VR – High End Gaming
    Kalian membutuhkan laptop gaming dengan GPU Nvidia GeForce GTX 1070 atau GTX 1080? Kalian harus menyiapkan budget diatas 20 juta Rupiah untuk itu. Laptop ini bisa memainkan game VR dengan lancar dan memainkan berbagai jenis game pada resolusi FullHD keatas dengan kualitas rata kanan.

Prosesor

Selain GPU, prosesor yang bagus juga diperlukan untuk menjalankan sebuah game dengan baik dan lancar. Untuk laptop gaming kelas “bisnis”, kalian bisa mendapatkan prosesor Intel Core i5 atau i7 dengan akhir U yang berarti low power atau ulta low voltage. Prosesor laptop ini memiliki performa yang lebih rendah karena hanya menggunakan TDP yang rendah (antara 15  sampai 28 Watt).Untuk laptop kelas gaming sesungguhnya, kalian akan mendapatkan prosesor Intel berakhiran HQ yang memiliki performa lebih baik karena menggunakan TDP yang lebih tinggi, yaitu 35 – 45 Watt. Untuk seri AMD Ryzen kelas murah, kalian bisa mendapatkan prosesor APU Ryzen 2500U dan Ryzen 7 2700U yang menggunakan Radeon Vega Mobile. Laptop gaming dengan prosesor  Ryzen menggunakan prosesor yang sama dengan versi desktop, seperti Ryzen 5 1600 pada Asus ROG Strix GL702ZC. Prosesor pada laptop gaming tidak dapat di-upgrade, jadi kalian harus benar-benar memilih dengan baik agar kalian dapat bermain dengan lancar.

RAM

Laptop gaming membutuhkan RAM yang bekerja pada dual channel dengan kapasitas 16 GB agar semua game dapat berjalan dengan baik. Untuk laptop gaming kelas murah, RAM dengan kapasitas 8 GB sudah cukup untuk memainkan game-game saat ini. Biasanya laptop gaming menyediakan 2 slot RAM, dimana 1 slot RAM masih kosong yang memungkinkan kalian untuk menambah kapasitas RAM.

Storage

SSD sangat diperlukan untuk laptop gaming, karena kecepatan loading game dan booting windows tentu akan menambah semangat kalian saat bermain. Namun, jika kalian belum memiliki budget lebih untuk mendapatkan SSD untuk laptop gaming kalian, hard disk 2.5 inch dengan kecepatan 7200 RPM sangat disarankan, hard disk ini masih lebih baik dibandingkan hard disk dengan kecepatan 5400 RPM yang banyak digunakan di laptop biasa.

Monitor

Tampilan yang baik tentu akan menambah keseruan bermain kalian dengan laptop gaming kesayangan. Ada beberapa hal berkenaan dengan monitor yang wajib kalian perhatikan saat membeli laptop gaming.

  • Resolusi: Jika kalian membeli laptop gaming dengan budget yang sangat terbatas, maka minimal kalian akan mendapatkan monitor dengan resolusi HD 1366 x 768p. Game saat ini membutuhkan resolusi FullHD 1920 x 1080p untuk mendapatkan gambar terbaik. Jika kalian membeli laptop gaming dengan GPU GTX 1070 atau GTX 1080, kalian wajib memilih monitor dengan resolusi QHD 2560 x 1440p. Monitor 4K memang terlihat menggiurkan, namun GPU GTX 1080 pun tidak dapat memberikan frame rate yang bagus dengan setting high.
  • Refresh Rate: Monitor laptop gaming dengan resolusi QHD dan 4K umumnya hanya memiliki refresh rate 60 Hz saja, dimana performanya kurang untuk game-game kompetitif. Monitor dengan resolusi FullHD dan refresh rate 144 Hz harus menjadi pilihan utama kalian saat membeli laptop gaming.
  • Nvidia G-SYNC dan AMD FreeSync: fitur monitor untuk masing-masing jenis GPU ini sangat berguna untuk mengurangi efek screen tearing dan ghosting saat kalian bermain game.
  • Ukuran: Laptop gaming umumnya memiliki monitor dengan ukuran 15 – 17 inch, namun ada beberapa laptop gaming dengan ukuran 18 inch keatas. Hal yan perlu kalian ingat, semakin besar ukuran monitor, maka akan semakin besar ukuran laptop dan semakin berat beban yang harus kalian bawa.
  • Touch Screen: jangan pernah memilih laptop dengan monitor touch screen, karena selain lebih boros baterai, monitor touch screen sangatlah mengkilap atau glossy, sehingga kalian akan tidak nyaman saat bermain.

Keyboard

Laptop gaming menawarkan keyboard dengan LED backlight hingga mechanical switch untuk laptop gaming kelas atas. Berikut beberapa hal yang wajib kalian cek saat membeli laptop gaming.

  • Macro: Keyboard dengan tombol macro khusus akan memudahkanmu dalam bermain, namun masih belum banyak laptop gaming yang memberikan fitur ini.
  • Actuation: kekuatan yang diperlukan untuk memencet sebuah tombol keyboard umumnya 65 atau 70 gram. Keyboard yang terlalu ringan akan membuatmu tidak dapat merasakan bahwa kalian telah memencet tombol tersebut.
  • Key Travel: jarak seberapa jauh kalian bisa memencet sebuah tombol pada keyboard, umumnya laptop gaming memiliki key travel 1.5 – 2 mm.
  • Anti-ghosting dan n-key rollover: seberapa banyak tombol yang dapat kalian pencet secara bersamaan. Fitur ini berguna saat kalian melakukan kombinasi tombol untuk skill atau bergerak diagonal dan melakukan gerakan lain pada game FPS.
  • Backlight: keyboard laptop gaming tentunya harus keren dengan backlighting, mulai dari 1 warna saja hingga RGB yang dapat kalian atur.

Merk Laptop Gaming

  • Asus ROG dan Zephyrus
    Asus dengan Republic of Gamers dan kelas tertingginya, Zephyrus, adalah laptop gaming yang sudah dilengkapi dengan pengaturan RGB Keyboard aura Core dan software ROG Gaming Center untuk mengecek  suhu dan penggunaan prosesor, GPU, RAM, dan media penyimpanan HDD atau SSD.
  • Acer Predator dan Nitro
    Acer memberikan harga laptop gaming yang lebih murah, khususnya seri Nitro, namun bukan berarti Laptop Gaming Acer murahan. Karena Acer menawarkan laptop gaming dengan curved monitor pertama, yaitu Predator 21X.
  • Dell Alienware
    Alienware telah memberikan berbagai macam keyboard dengan makro, namun Alienware tergolong terlambat untuk menambahkan fitur RGB pada keyboardnya.
  • HP Omen
    Omen memiliki bentuk yang lebih klasik, namun tetap memberikan estetika keindahan sebuah laptop gaming. Omen juga memberikan software Omen Command Center untuk melihat suhu dan penggunaan prosesor, GPU, RAM, dan media penyimpanan HDD atau SSD.
  • Gigabyte Aorus
    Gigabyte menawarkan 2 jenis laptop gaming, yaitu laptop gaming yang umumnya memiliki komponen lower end dengan merek Gigabyte saja dan laptop gaming yang lebih elegan dan tipis dengan performa yang tinggi dengan merek Aorus. Kalian akan mendapatkan software Fusion pada kedua merek tersebut untuk mengatur RGB keyboard kalian. Sedangkan pada merek Aorus kalian akan mendapatkan software Command and Control untuk overclock prosesor dan GPU dengan mudah.
  • Lenovo Legion
    Laptop gaming dari lenovo lebih minimalis dan hanya  mengubah software Lenovo Vantage untuk seri legion yang akan memudahkan kalian untuk melihat suhu dan penggunaan prosesor, GPU, RAM, dan media penyimpanan HDD atau SSD serta mengatur kecepatan kipas.
  • MSI
    Laptop gaming dari MSI terkenal dengan ukuran yang besar  dan berwarna merah hitam serta logo Lucky si Naga Merah MSI. Untuk software utilitas, kalian akan mendapatkan Dragon Center Software yang berguna untuk mengecek dan mengatur semua fitur pada laptop kalian.
  • Razer
    Laptop gaming dengan tampilan stylish berwarna hitam dan hijau plus RGB Chroma yang sangat keren hanya dimiliki oleh Razer yang menciptakan semua periphralnya untuk tujuan gaming. Untuk software utilitas, kalian akan mendapatkan Razer Synapse.

 

 

Artikel Terkait: