Alibaba dan SAP Perkuat Kerjasama Untuk Dorong Pertumbuhan Intelligent Enterprise di Tiongkok

Alibaba dan SAP Perkuat Kerjasama Untuk Dorong Pertumbuhan Intelligent Enterprise di Tiongkok

Share

Jakarta, 25 September 2018 – Alibaba Group Holding Ltd. (NYSE: BABA) dan SAP SE (NYSE: SAP) hari ini mengumumkan rencananya untuk menawarkan SAP S/4HANA Cloud dan SAP Cloud Platform pada infrastruktur Alibaba Cloud sebagai layanan (Infrastructure as a Service – IaaS) di China untuk membantu transisi pelanggan ke cloud dan membangun perusahaan cerdas (intelligent enterprises).

CEO Alibaba Daniel Zhang dan CEO SAP Bill McDermott menjabarkan ekspansi kerjasama tersebut hari ini di acara Computing Conference 2018 Alibaba Group yang diadakan di Hangzhou, China.

Alibaba dan SAP memulai kerjasama mereka dua tahun lalu untuk menghadirkan solusi cloud enterprise di China melalui Alibaba Cloud, layanan komputasi awan Alibaba Group, untuk membantu pelanggan beradaptasi dengan tuntutan pasar yang cepat berubah. Mulai hari ini, kedua perusahaan akan berkolaborasi, berinovasi bersama, dan bersama-sama memasuki pasar untuk menawarkan SAP S/4HANA Cloud, rangkaian produk cloud digital untuk menjalankan bisnis yang sukses di cloud. Pelanggan Alibaba Cloud juga akan dapat menerapkan SAP Cloud Platform untuk memperluas solusi bisnis mereka saat ini, membangun aplikasi baru dan mengintegrasikan teknologi pihak ketiga.

“China telah menjadi rumah kedua SAP selama lebih dari dua dekade,” kata Chief Executive Officer SAP, Bill McDermott. “Kemitraan Alibaba dan SAP yang terus berkembang memperluas kemampuan kami untuk memberdayakan digitalisasi di China dengan membangun intelligent enterprise. SAP mewujudkan impian China seraya kami bersiap untuk berekspansi besar-besaran di sini di tahun-tahun mendatang.”

“Kami senang kemitraan kami dengan SAP mencapai sebuah tahap baru hari ini,” kata Daniel Zhang, chief executive officer, Alibaba Group. “Ketersediaan sistem ERP global SAP yang terkenal di dunia [SAP] S/4HANA Cloud di Alibaba Cloud merupakan tonggak lain dalam strategi globalisasi kami, dan contoh dari misi kami untuk mempermudah kegiatan bisnis di mana saja. Kami telah menjalin kerjasama yang erat dengan SAP di masa lalu, dan merupakan kesempatan yang amat menarik bagi kami untuk memperluas kemitraan kami.”

“Para pengusaha yang percaya dan merangkul masa depan, dan yang dapat memanfaatkan pemikiran baru, konsep baru dan teknologi baru akan menjadi pemenang di masa depan,” kata Jack Ma, executive chairman, Alibaba Group.

SAP S/4HANA Cloud membawa intelligence ke perusahaan dengan otomatisasi dan analisis prediktif yang diberdayakan oleh Artificial Intelligence, UX percakapan hands-free dan proses bisnis generasi mendatang. Dengan SAP S/4HANA Cloud, perusahaan dapat memigrasikan proses bisnis inti dengan biaya lebih rendah, menikmati penerapan solusi dan siklus inovasi yang lebih cepat, serta time-to-value yang lebih singkat. Kini, semakin banyak bisnis di China mengadopsi SAP S/4HANA Cloud.

SAP Cloud Platform adalah platform terbuka sebagai layanan (Platform as a Service – PaaS) yang menyediakan database in-memory nan unik dan seperangkat layanan teknologi dan bisnis untuk membangun, memperluas, dan menghubungkan aplikasi enterprise. Selaku sebuah platform aplikasi dan integrasi yang terbuka dan dinamis, SAP Cloud Platform memungkinkan pelanggan untuk mentransformasi dan mengembangkan aplikasi-aplikasi baru dan teknologi tercanggih dengan cepat sekaligus mempersonalisasi dan menyesuaikan aplikasi dan teknologi yang ada saat ini.  

Didirikan di tahun 2009, Alibaba Cloud merupakan penyedia layanan public cloud terbesar di China dan menurut Gartner Inc., Alibaba Cloud juga merupakan salah satu dari penyedia layanan Infrastructure as a Service (IaaS) paling top di dunia. Kemitraan Alibaba dan SAP memperluas jangkauan SAP S/4HANA Cloud dan SAP Cloud Platform jauh di atas public cloud terkemuka.

Sebagai bagian dari perjanjian kerjasama kedua perusahaan, SAP akan terus menggunakan teknologi Alibaba Cloud, dan Alibaba akan mengadopsi perangkat lunak SAP S/4HANA untuk mendorong inovasi dan model bisnis baru.

Alibaba dan SAP akan mengeksplorasi kolaborasi lainnya di berbagai bidang seputar artificial intelligence, Internet of Things, New Retail dan New Manufacturing, di mana semuanya merupakan inisiatif baru dari Alibaba Group. Kolaborasi ini diharapkan dapat menawarkan solusi yang akan mendorong pengembangan lebih lanjut di bidang transformasi digital dan memaksimalkan nilai bagi para pelanggan.