Apa sih Bedanya Nvidia NVLink dan SLI?

Nvidia GeForce RTX 2080Ti

Share

Sejak kartu Nvidia RTX 2080Ti dan RTX 2080 muncul ke publik, istilah NVLink semakin dikenal. Beberapa dari pembaca mungkin masih menganggap kalau koneksi NVLink dan SLI itu mirip, dan penulis akan berkata: benar dan salah. Sebelum dibahas, NVLink sendiri sebenarnya sudah menjadi koneksi standar di kelas enterprise pada seri Quadro, jadi untuk tahun 2018, Nvidia akhirnya memutuskan untuk membawa teknologi enterprise ke kelas konsumer.

 

NVLink dan SLI itu fungsinya sama!

Sekali lagi, bisa “benar” dan “salah”. “Benar” karena keduanya akan menyamakan “frame” untuk menghasilkan jumlah frame yang lebih tinggi. Untuk analogi sederhananya, jika ada 2 GPU yang digabungkan dengan NVLink atau SLI, disederhanakan bahwa GPU 1 akan merender frame ganjil dan GPU 2 akan merender frame genap sehingga teorinya akan 2 kali lebih cepat. “Salah” karena fungsi NVLink sebenarnya jauh lebih banyak dibandingkan hanya “menggabungkan” 2 GPU. Teknologi SLI hanya sebatas mensinkronkan frame yang akan ditampilkan ke layar, sedangkan teknologi NVLink akan secara langsung menghubungkan kedua GPU sehingga data dari GPU bisa langsung loncat ke GPU lain tanpa perlu perantara CPU sehingga menghasilkan “latency” yang lebih rendah.

Nvidia NVLink GeForce RTX 2080Ti 2080

 

Jadi buat apa dibuat NVLink dan SLI?

Secara prinsip teknologinya berbeda, SLI dirancang untuk mensinkronkan kartu sehingga gambar yang dihasilkan akan lebih mulus sehingga menghindari “micro stutter”, SLI inilah alasan kenapa 2 kartu Nvidia bisa berjalan lebih mulus dibandingkan dengan 2 kartu Radeon.

Tapi karena teknologi semakin berkembang dan menurut penulis kartu grafik generasi ke-10 sudah sangat memumpuni untuk bermain game di resolusi 2K dan tidak jarang 4K, GPU akhirnya mulai masuk ke ranah DeepLearning dan SLI tidak bisa mengikutinya karena kembali lagi, SLI hanya dirancang untuk mensinkronkan kartu.

Nvidia NVLink GeForce RTX 2080Ti 2080

NVLink yang sebenarnya sudah ada di kelas enterprise pada seri Quadro akhirnya merakyat ke kelas konsumer melalui seri RTX 2080Ti dan RTX 2080. NVLink dapat melakukan transfer data antar GPU sehingga tidak harus melalui PCIe, hal ini akan mempercepat pemrosesan. Analogi paling sederhana yang penulis bisa buat adalah saat mengerjakan tugas kelompok, pasti lebih cepat jika memberitahu langsung ke anggota lain (GPU lain) secara langsung dibandingkan harus melalui ketua kelompok (CPU), tapi pastinya anggota kelompok (GPU) masih bisa berkomunikasi dengan ketua kelompok (CPU).

Artikel Terkait: