Blackout, Jawaban CoD: Black Ops 4 Untuk Genre Battle Royale


Share

Di tengah maraknya game dengan genre battle royale beberapa tahun belakangan ini, Call of Duty: Black Ops 4 yang akan dirilis tidak lama lagi, nampaknya siap untuk ikut terjun di dunia battle royale dengan moda permainan yang disebut Blackout. Terjun ke dunia battle royale tidaklah mudah, karena genre tersebut telah dikuasai oleh beberapa game seperti PUBG dan Fortnite. Tapi sepertinya minat untuk moda permainan tersebut cukup tinggi jika dilihat dari jumlah viewer / penonton di Twitch yang mencapai 400.000 orang saat Blackout tengah streaming.

call of duty blackout

Walaupun pada tahap beta testing Blackout masih memiliki banyak kekurangan, moda permainan tersebut telah menghadirkan map yang luas, serta kebebasan bergerak yang baik. Seperti game-game battle royale lainnya, Blackout menampilkan daerah permainan berbentuk lingkaran, yang terus mengecil dengan jalannya waktu. Hal tersebut didesain agar sesi permainan dapat selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sama seperti game battle royale lainnya yang memiliki badai sebagai batas ujung map mereka, Blackout memiliki fitur yang disebut Collapse sebagai batas terluarnya.

call of duty blackout

Sama seperti Fortnite dan PUBG, Blackout juga akan menghadirkan beragam kendaraan yang dapat digunakan gamers, termasuk helikopter. Sejauh ini, fitur tersebut telah menuai sejumlah kontroversi, karena sebagian gamers mengeluhkan kendali helikopter yang masih dianggap tidak responsif, sementara sebagian lainnya menginginkan kemampuan untuk bertempur di udara.

call of duty blackout

Sejauh ini, kelemahan paling mencolok dari Blackout adalah UI (User Interface / tampilan pengguna) yang tidak praktis dan rumit. Memilih dan memasang aksesoris senjata, memilih kemampuan khusus, dan menjarah musuh yang sudah kalah menjadi hal yang tidak mudah akibat UI yang rumit. Dari sisi UI, Blackout masih harus mengakui keunggulan Fortnite yang memiliki UI lebih praktis. Namun beruntungnya, Blackout memiliki performa yang lebih baik di konsol (Xbox One, PS4) dibandingkan para pesaingnya, Fortnite dan PUBG.

call of duty blackout

Selain itu, gamers juga dapat memasang berbagai aksesoris yang memberikan bonus berbeda-beda di senjata kalian. Tidak ketinggalan, Blackout juga akan menyediakan moda permainan yang menghadirkan zombie, yang sejauh ini telah memiliki tempat tersendiri di franchise CoD. Zombie yang hadir akan menjaga sebuah mystery box (boks rahasia) yang berisi barang-barang paling bagus di game tersebut.

call of duty blackout

Tapi jangan khawatir, gamers tidak perlu takut akan kawanan zombie yang dapat mengalahkan kalian, karena para zombie hanya akan muncul di area yang berkaitan dengan moda permainan Zombies, dan boks misteri yang mereka jaga akan menyala terang dan dapat dilihat dari jauh, sehingga gamers akan mengetahui dimana posisi para zombie, yang akan berada di sekitar boks tersebut.

call of duty blackout

Semua fitur ini telah membuat sebagian gamers percaya bahwa Blackout dapat menggeser Fortnite dari tahta mereka di puncak game dengan genre Battle Royale. Opini sebagian gamers itu makin kuat setelah rumor baru-baru ini yang mengatakan bahwa Fortnite mulai kehilangan pemain. Tapi di sisi lain, Blackout sendiri baru akan dirilis pada tanggal 12 Oktober nanti, sehingga cukup sulit untuk mengetahui seberapa besar pengaruh game tersebut di genre Battle Royale nantinya. Sejauh ini, yang dapat dipastikan adalah Blackout mungkin akan menjadi saingan yang cukup berat bagi Fortnite dan PUBG.

Call of Duty: Black Ops 4 dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 12 Oktober 2018 mendatang di PC, PlayStation 4 dan Xbox One.

Artikel Terkait: