Brother MFC-T910DW, Printer Multi Fungsi dengan Fitur WiFi dan Duplex Printing

Brother

Share

Orang bilang printer adalah produk zaman dulu! “Masa depan akan serba digital tanpa menggunakan kertas!” Itulah yang sering diucapkan oleh kaum modern hingga akhirnya baterai tablet atau ponsel mereka habis. Sebelum kita masuk ke masa depan, selalu ada masa transisi dan di sinilah Brother MFC-T910DW hadir. Brother MFC-T910DW bukan hanya sekedar printer yang dapat mencetak dokumen. Brother MFC-T910DW adalah printer multi fungsi! Arti multi fungsi di sini bukan hanya sebatas Print, Scan, Copy, dan Fax tapi juga mengakomodasi kebutuhan “zaman now”! Tapi sebelum penulis menyentuh arti “zaman now”, pastinya dibahas dulu fitur-fitur yang dimiliki Brother MFC-T910DW.

Brother MFC-T910DW Printer Scanner Fax Duplex Ink Tank

 

Duplex Printing

Duplex Printing Brother MFC-T910DW
Kemampuan dasar untuk mencetak dokumen sudah pasti harus dimiliki, tapi kemampuan printing yang dimiliki Brother MFC-T910DW tidak hanya sekedar mencetak dokumen. Perangkat multi fungsi ini dapat mencetak dokumen duplex secara otomatis. Duplex sendiri adalah istilah untuk mencetak dokumen depan-belakang. Fitur duplex akan sangat bermanfaat kita pekerjaan kita sering kali mencetak draft dokumen sebelum finalisasi sehingga dapat menghemat kertas dan pastinya secara tidak langsung mendukung gerakan cinta lingkungan. Langkah inilah yang menjadi transisi sebelum akhirnya kita masuk ke zaman tanpa kertas.

 

Scan, Copy, dan Fax dengan ADF

Fitur Scan dan Copy sebenarnya banyak tersedia di printer lainnya, jadi penulis akan menjabarkan fitur unik yang tidak semua perangkat miliki. Pertama adalah fitur Automatic Document Feeder atau sering disingkat ADF. Fitur ADF akan sangat membantu saat kalian ingin scan atau foto kopi dokumen dalam jumlah banyak. Sederhananya kalian tinggal meletakkan dokumen di mulut ADF dan Brother MFC-T910DW akan otomatis scan dan copy dokumen tersebut. Fitur Foto Copy yang dimiliki perangkat ini juga memungkinkan kalian melakukan konversi menjadi duplex. Supaya lebih gampang, penulis buat contoh saja: Ada 4 lembar kertas/4 halaman dengan menggunakan fitur Foto Copy Duplex, hasil copy dapat menjadi 2 lembar kertas/4 halaman bolak-balik. Pastinya sekali lagi menghemat kertas. Bayangkan jika ada 50 lembar dokumen, bisa dikonversi menjadi hanya 25 lembar.

Teknologi Fax, menurut penulis yang tinggal di daerah ibu kota adalah teknologi yang sudah tertinggal. Tapi brother memutuskan untuk tetap memasukkan teknologi Fax dalam perangkatnya. Mungkin riset menyatakan bahwa teknologi fax ternyata masih dipakai. Educated guess penulis, fitur ini sepertinya masih dipakai di daerah yang koneksi internetnya kurang lancar, sehingga mengirimkan dokumen dengan Fax – meskipun lebih mahal – tapi tetap handal.

 

Konektivitas Lengkap dari Zaman Dulu hingga Zaman Now!

Konektivitas WiFi LAN RJ-45 Wireless Brother MFC-T910DW
Brother MFC-T910DW bisa jadi adalah perangkat multi fungsi dengan konektivitas paling lengkap yang pernah penulis temui. Mulai dari koneksi telepon untuk fax, koneksi dengan kabel USB untuk dihubungkan ke komputer, koneksi dengan kabel LAN sehingga perangkat bisa digunakan dari jaringan, bahkan koneksi WiFi untuk cable management yang lebih rapi. Fitur dengan LAN/WiFi juga dapat dihubungkan dengan koneksi ke internet sehingga kalian dapat mencetak dokumen dari internet, sebut saja: DropBox, Google Drive, Microsoft One Drive, dan banyak lainnya.

 

Ink Tank

Ink Tank Brother MFC-T910DW
Mungkin fitur satu ini jadi fitur yang harus ada untuk semua printer. Penulis sendiri saat membeli printer, fitur utama yang harus hadir adalah Ink Tank. Teknologi Ink Tank memungkinkan pengguna dapat mengisi tinta dengan harga relatif murah dan pastinya mudah. Tidak seperti teknologi “cartridge” pada printer dulu yang harga per unitnya berkisar Rp. 200.000 untuk 1000 lembar. Brother menjual botol isi ulang tinta dengan harga Rp. 110.000,00 per botol untuk setiap warna yang dapat mencetak 6.500 dokumen hitam putih atau 5.000 dokumen berwarna. Tidak ada lagi istilah print mahal!

Di awal artikel penulis menyebutkan tentang maksud “zaman now”, kalau kalian baca artikelnya seharusnya secara tidak langsung penulis menjabarkannya. “Zaman now” artinya semua berjalan dengan cepat, konektivitas lengkap bahkan dapat terkoneksi ke internet berarti kalian bisa mencetak dokumen kapanpun yang kalian mau. Mencetak atau scan dokumen sekarang tidak perlu lagi adanya kabel yang menghubungkan. Satu-satunya hal yang harus sering dilakukan manual adalah memastikan kertas tetap ada saat ingin mencetak dokumen.

Harga Brother MFC-T910DW sendiri relatif terjangkau di kelasnya, yaitu Rp. 5.350.000,00 untuk spesifikasi lainnya kalian bisa langsung lihat ke situs resmi brother.co.id atau kalau kalian ingin langsung meminangnya, dapat langsung kontak ke email: corporate@brother.co.id.

Artikel Terkait: