Pilihan Thermal Paste Adem Dibawah 100rb

Pilihan Thermal Paste Adem Dibawah 100rb

Share

Thermal paste berfungsi sebagai penghantar panas antara chip prosesor yang telah diberi Integrated Heat Spreader (IHS) atau GPU dan heat sink. Permukaan alumunium atau tembaga pada heat sink umumnya tidaklah rata, hal ini hanya dapat di observasi melalui pembesaran beberapa kali lipat. Permukaan heat sink yang tidak rata menyebabkan adanya rongga udara yang tidak efisien dalam menghantarkan panas. Thermal paste berfungsi untuk mengisi rongga-rongga permukaan heat sink yang tidak rata tersebut. Kualitas thermal paste yang baik bukan berarti thermal paste tersebut mampu mendinginkan chip prosesor atau GPU, namun kemampuannya menghantarkan panas/ kalor dan tingkat kepadatannya.

 

 

Thermal Paste yang baik mampu menghantarkan dengan efisien, namun karena thermal paste umumnya berbahan dasar silikon, efektifitas penghantaran panasnya tidak sebaik unsur logam lainnya. Untuk itu beberapa produsen menambahkan partikel logam yang umumnya berupa perak/ argentum pada thermal paste-nya. Kepadatan thermal paste yang baik berarti thermal paste tersebut mampu mengisi semua rongga dan menyebak secara merata pada heat sink.

Berikut beberapa thermal paste dengan performa yang baik dengan harga dibawah 100 ribu Rupiah:

  • Cooler Master MasterGel
  • Deepcool Z5
  • ID-Cooling TG-11
  • Thermaltake TG-4

Untuk penggunaan thermal paste yang baik dan mudah adalah menaruh gumpalan thermal paste dengan diameter kurang dari 7 mm untuk prosesor dengan IHS seperti pada seri Intel LGA 1151 atau AMD AM4, untuk GPU chip yang memiliki ukuran beragam, pastikan hanya menaruh thermal paste 1/5 dari ukuran luas chip. Taruhlah thermal paste di tengah chip tanpa perlu meratakannya, tekanan dari heat sink saat pemasangan akan membantu thermal paste menyebar secara merata tanpa gelembung udara.

Artikel Terkait: