Review Gaming Keyboard Zowie Celeritas II

Review Gaming Keyboard Zowie Celeritas II

Share

Kali ini tim Ulasan.id kembali kedatangan tamu dari Zowie. Jika beberapa waktu lalu kita telah membahas tentang beberapa seri Gaming Mouse dari Zowie, kali ini kita bakalan membahas tentang Gaming Keyboard besutan BenQ ini. Keyboard yang di beri nama CELERITAS II ini hadir sebagai penerus dari CELERITAS sebelum nya. Kabar baik bagi kalian pecinta e-Sports, karena Zowie mengklaim jika produk ini di buat untuk bermain e-Sports dan itu tertulis jelas pada box bagian luar pada Keyboard ini. Lahir sebagai penerus, tentu CELERITAS II ini membawa perubahan dibanding pendahulunya. Meskipun secara fisik terlihat sedikit mirip, CELERITAS II ini mengusung suatu perubahan yang cukup besar pada sektor Switch nya.

Tapi, sebelum kita membahas masalah Switch dari Keyboard ini, kita terlebih dahulu akan membahas tentang Build Quality Keyboard ini. Meskipun bermaterialkan bahan plastik, tapi kita tidak akan menemukan kesan ringkih pada Keyboard ini. Di dampingi warna hitam doff serta ditambah dengan Backlit warna merah menambah kesan gagah pada Keyboard ini.

Hanya terdapat Logo Zowie sebagai hiasan pada Keyboard ini. Bentuk simple tapi elegan, itulah yang mungkin Zowie ciptakan untuk CELERITAS II. Pindah ke sis bagian bawah Keyboard, kita tidak akan menemukan pengatur tinggi-rendah untuk Keyboard ini. Kalian “dipaksa” harus terbiasa dengan tinggi default bawaan pabrik. Dengan ukuran fisik sebesar 44.2mm x 17mm x 3.8mm, serta memiliki bobot berkisar 1.89kg Zowie memang dirancang untuk dapat dibawa kemanapun. Berikut kami bentuk fisik dari Zowie CELERITAS II ini,

CELERITAS II

Sekarang kita masuk ke sektor Switch, Jika versi sebelumnya menggunakan Mechanical Switch (Cherry MX), maka CELERITAS II ini hadir dengan “Optical Switch”. 
Optical Switch sendiri diklaim lebih sensitif jika dibandingkan dengan Mechanical switch pada umumnya. Secara fisik antar Optical Switch dan Mechanical Switch mungkin akan terlihat mirip, karena Optical Switch juga bagian dari Mechanical Switch. Yang menjadi pembeda adalah, Optical Switch menggunakan tekhnologi “Infrared Light”. Sehingga Optical Switch bekerja dengan menggunakan mekanisme sensor cahaya.

Optical Switch

Masuk ke bagian fitur, kalian mungkin akan sedikit terkejut karena tidak adanya fitur RGB pada Keyboard ini seperti kebanyakan Gaming Keyboard lainya. Tapi Zowie tetap menawarkan fitur yang tak kalah menarik, yaitu fitur “Repeat Time Respons” atau disingkat dengan “RTR”.

RTR sendiri akan sangat membantu kalian dalam Gaming. RTR berguna jika kalian sering menekan “satu” tombol secara cepat. Sehingga dengan fitur RTR, kalian dapat memangkas waktu menekan tombol tersebut dan membuat Gaming kalian semakin competitive. Fitur RTR sendiri mempunyai 4 tingkatan berbeda yang mana dapat kalian tentukan sendiri dengan cara menekan tombol FN+F9 sampai F12. Tapi ingat, RTR bisa digunakan hanya apabila kalian menggunaka konektor USB to PS/2 yang sudah disediakan Zowie di dalam box penjualanya.

Sekarang kita masuk ke pengalaman ketika menggunakan Keyboard ini. Pada pengujian ini, kita mencoba memainkan game “PlayerUnknown’s Battlegrounds” selama 30 menit. Pada 15 menit pertama kita merasa sedikit aneh karena belum terbiasa dengan jenis Switch yang di guanakan. Sangat sensitif dan sangat responsif, hanya dengan sedikit tekanan saja tombol langsung merespon dengan sempurna.

Untuk harga, Zowie membandrol CELERITAS II ini berkisar di harga Rp 1.950.000,-  tergantung lokasi kalian membelinya.

Mungkin bagi sebagian orang harga di atas terbilang mahal mengingat tidak adanya fitur RGB yang disematkan Zowie pada CELERITAS II ini. Tapi jika kalian mencari Keyboard yang bisa meningkatkan pengalaman kalian ketika bermain Game, maka Zowie CELERITAS II ini  pantas masuk sebagai pilihan kalian.

 

 

Artikel Terkait: