Tips Membeli SSD

Tips Membeli SSD

Share

Solid state disk atau SSD adalah kebutuhan utama untuk sebuah PC yang akan kalian gunakan, karena SSD menawarkan peningkatan performa kecepatan yang fantastis dibandingkan menggunakan hard disk atau HDD biasa. Kalian bisa merasakan peningkatan kecepatan proses, booting, membuka program, dan copy file dengan menggunakan SSD. Walaupun kapasitas SSD memang belum setara HDD, dalam segi harga per kapasitas, namun setidaknya PC Gaming kalian harus mempunyai SSD sebagai disk utama. Berikut panduan dari Ulasan ID agar kalian dapat membeli SSD dengan performa yang baik dan sesuai budget kalian.

Panduan Singkat

  • Kapasitas
    Pilihlah SSD minimal dengan kapasitas 120 GB, namun jika kalian memiliki budget lebih, pilih SSD dengan kapasitas 240 GB. Karena kapasitas SSD mempengaruhi kecepatan dan umur SSD tersebut.
  • SATA vs NVMe
    SSD dengan konektor SATA (dapat berupa SATA ataupun M.2 SATA) memang lebih lambat dibandingkan SSD dengan konektor NVMe. Namun, SSD SATA dapat digunakan oleh semua sistem komputer, karena hanya motherboard generasi terbaru saja yang sudah memiliki konektor M.2 NVMe. Selain itu, harga SSD NVMe juga masih mahal.
  • SSD VS HDD
    SSD paling jelek dalam segi kecepatan sekalipun masih lebih baik dibandingkan HDD yang digunakan sebagai disk utama untuk booting OS. SSD paling jelek setidaknya 3 kali lebih cepat dibandingkan HDD. Sebagai contoh pembanding, HDD tua kalian memakan waktu selama 5 menit untuk booting OS Windows 10, SSD paling jelek yang bisa kalian miliki akan memakan waktu hanya kurang dari 2 menit untuk booting OS secara sempurna.

Slot Motherboard

Untuk memilih SSD, kalian harus mengecek ketersediaan slot SATA atau M.2 yang motherboard kalian miliki. SSD dengan slot M.2 bisa memiliki beberapa jenis konektor, yaitu SATA III, PCIe X2, dan PCIe X4. SATA III pada slot SATA maupun M.2 memiliki kecepatan transfer yang sama, yaitu 6 Gb/s. Sedangkan pada M.2 PCIe X2 kecepatan transfer tersebut bisa didongkrak menjadi 16 Gb/s, dan kecepatan transfer PCIe X4 mencapai 32 Gb/s. Semakin besar kecepatan transfer, semakin tinggi kecepatan keseluruhan sistem kalian saat menggunakan SSD. Selain itu, dengan menggunakan slot M.2 pada motherboard, tampilan PC kalian akan semakin rapi, karena tidak ada kabel SATA tambahan yang akan membuat PC kalian semakin semrawut. SSD dengan slot M.2 memiliki kekurangan berupa harga yang lebih mahal dibandingkan SSD SATA 2.5 inch. Namun, jika kalian tidak memiliki budget lebih atau motherboard kalian tidak memiliki slot M.2, SSD SATA 2.5 inch dapat menjadi pilihan utama kalian.

ssd

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan slot PCIe yang tidak digunakan untuk adaptor SSD M.2 NGFF yang dapat menjalankan SSD dengan konektor NVMe ataupun SATA, jika adaptor PCIe mendukungnya. Adaptor ini memang agak susah ditemui di pasaran Indonesia dan kalian harus menambah budget ekstra untuk adaptor ini. Adaptor ini cocok untuk kalian yang dapat melakukan upgrade perlahan dan membutuhkan kecepatan SSD untuk menjalankan program-program utama kalian. Umumnya adaptor ini menggunakan slot PCIe X4.

Kapasitas SSD

  • 120 – 128 GB
    SSD dengan kapasitas 120 GB memiliki harga paling murah dan mudah didapatkan di toko online. Namun, kalian hanya dapat menggunakan SSD ini untuk boot drive OS saja, karena kapasitas yang tidak terlalu besar. OS Windows 10 setidaknya menggunakan 20 GB, sisanya dapat kalian gunakan untuk program-program maupun driver. Kalian harus menyisakan setidaknya 30% dari kapasitas maksimum SSD, agar performanya tidak terganggu.
  • 240 – 256 GB
    SSD dengan kapasitas 240 GB akan memudahkan kalian untuk menyimpan beberapa game yang sering kalian mainkan, sehingga kalian dapat menjalankan game tersebut dengan lebih cepat. SSD dengan kapasitas 240 GB sangat umum digunakan saat ini, karena harganya cukup terjangkau.
  • 480 – 512 GB
    Jika kalian membutuhkan SSD berkapasitas besar dan performa yang lebih tinggi, kalian wajib mempertimbangkan SSD dengan kapasitas 480 GB, karena performa kecepatannya lebih baik daripada SSD dengan kapasitas rendah.
  • 1 TB ke Atas
    Budget yang lebih akan memberikan performa yang lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar. Umumnya SSD dengan kapasitas 1 TB digunakan untuk keperluan server, namun harganya masih wajar untuk para gamer. Diatas 1 TB adalah kebutuhan para profesional maupun perusahaan yang membutuhkan SSD untuk servernya.

Budget untuk SSD

    • 500 Ribu Rupiah ke Bawah
      Kalian bisa mendapatkan SSD SATA 2.5″ berkapasitas 120 GB dengan budget dibawah 500 ribu Rupiah, namun kalian hanya bisa mendapatkan SSD dengan performa yang tidak terlalu tinggi. Merek seperti ADATA, Apacer, Silicon Power, Team, dan V-GEN menjual SSD dengan kisaran harga 400 – 500 ribu Rupiah.
    • 1 Juta Rupiah ke Bawah
      Jika kalian ingin mendapatkan SSD M.2 NVMe dengan kecepatan baca 1000 Mb/s, kalian cukup menyediakan budget dibawah 700 ribu Rupiah. Namun, jika kalian memilih kapasitas, maka kalian dapat memilih berbagai jenis SSD berkapasitas 240 GB dengan harga dibawah 1 juta Rupiah. Jika kalian lebih memilih merek, kalian juga bisa mendapatkan SSD bermerek terkenal, namun dengan kapasitas 120 GB saja.
    • 2 Juta Rupiah ke Bawah
      Beragam SSD dengan kapasitas 240 GB dengan konektor M.2 NVMe atau SATA dapat kalian temui dengan budget mulai 1 juta Rupiah. Banyak pengguna PC gaming kelas menengah menggunakan SSD dengan kisaran harga tersebut.
    • 5 Juta Rupiah ke Bawah
      Jika kalian memiliki budget sekitar 4 juta Rupiah, kalian bisa mendapatkan SSD dengan kapasitas 1 TB yang cukup  untuk menyimpan game-game maupun file pekerjaan kalian agar lebih cepat diakses.

    • 5 Juta Rupiah ke Atas
      Umumnya perusahaan maupun pengguna profesional menggunakan SSD dengan kecepatan tinggi dan kapasitas besar yang memiliki harga diatas 5 juta Rupiah. Untuk pengguna biasa, harga SSD yang lebih mahal dibanding prosesor tentu bukan pilihan utama.

Tipe Flash Memory

  • Single Level Cell (SLC)
    Teknologi flash memory pertama yang digunakan untuk SSD ini harganya sangat mahal, namun ketahanan penggunaannya sangat tinggi karena 1 bit data disimpan pada 1 cell saja. Performa flash memory SLC juga sangat bagus, sehingga hanya perusahaan besar yang menggunakan SSD SLC.
  • Multi Level Cell (MLC)
    SSD MLC memiliki performa yang lebih rendah dibandingkan SLC, namun harganya lebih murah, sehingga banyak digunakan oleh konsumer kelas atas dan perusahaan yang membutuhkan penyimpanan SSD pada servernya.
  • Triple Level Cell (TLC)
    SSD TLC dengan harga paling murah tentunya terjangkau untuk semua kalangan, walaupun performa dan ketahanan jauh dibawah SSD SLC dan MLC, pengguna SSD ini tidak perlu khawatir, karena penggunaan komputer harian tidaklah seberat komputer server. Kecepatan SSD TLC masih jauh diatas HDD, jadi kalian seharusnya memilih SSD dengan flash memoery TLC untuk PC kalian.

Pilihlah SSD yang telah diulas oleh pengulas ternama atau website yang terpercaya sebelum kalian memutuskan untuk membeli SSD yang kalian inginkan, agar kalian mengetahui performa SSD tersebut dan membandingkannya dengan SSD lainnya. Selain itu pilihnya SSD dengan distributor yang mudah dalam melakukan klaim garansi, agar saat terjadi masalah, kalian tidak perlu kebingungan.

 

Artikel Terkait: