Turnamen Zowie Extreme Land CS : Go Asia Open 2018 – Indonesian Qualifiers

Turnamen Zowie Extreme Land CS : Go Asia Open 2018 – Indonesian Qualifiers

Share

Babak kualifikasi untuk menentukan perwakilan Indonesia di turnamen Zowie Extremeland CS GO Asia Open 2018 telah digelar di Supreme League Arena, Daan Mogot, pada hari Senin, 2 September 2018 yang lalu. Pemenang dari tahap kualifikasi tersebut akan terbang ke Shanghai, China untuk mengikuti turnamen Zowie Extremeland CS GO Asia Open 2018 yang akan digelar bulan Oktober nanti. Dalam babak kualifikasi online yang digelar di Jakarta, setiap tim bertarung satu sama lain secara online, dan tidak berada di lokasi yang sama. Sebanyak 4 dari 32 tim yang bertanding, berhasil melaju ke babak selanjutnya, yaitu babak kualifikasi offline, yang mempertemukan mereka di Supreme League Arena pada hari Minggu kemarin. Pada babak kualifikasi offline, tim XcN- berhasil mengalahkan tim Capcorn dan berhak mewakili Indonesia di turnamen selanjutnya yang akan diadakan di Shanghai Oktober mendatang.

turnamen zowie cs go asia open

Zowie sendiri merupakan perusahaan gaming gear (perlengkapan gaming) yang mereknya diakuisisi oleh BenQ pada tahun 2015. Akuisisi dilakukan karena adanya kesamaan visi antara BenQ dan Zowie. Sebelum diakuisisi oleh BenQ, Zowie hanya memiliki pilihan produk yang terbatas, yaitu mouse dan mousepad gaming. Namun begitu, nama Zowie cukup terkenal di Eropa. Setelah diakuisisi oleh BenQ, Zowie saat ini telah merilis berbagai produk gaming lainnya selain mouse, seperti gaming monitor, mouse bungee (Zowie CAMADE) yang adalah sistem manajemen kabel, sound system dan keyboard gaming.

turnamen zowie cs go asia open

Turnamen Extreme Land CS:GO Asia Open adalah salah satu turnamen CS:GO yang paling bergengsi di kawasan Asia Pasifik dan digelar setiap tahun. BenQ-Zowie telah beberapa kali menjadi sponsor utama turnamen bergengsi tersebut. Sebagai sponsor utama turnamen tersebut, BenQ-Zowie menyediakan monitor XL-2546 bagi para pemain yang akan bertarung di Shanghai pada bulan Oktober nanti.

turnamen zowie cs go asia open

Selain turnamen Counter-Strike, BenQ-Zowie juga telah menjadi sponsor utama bagi turnamen untuk game-game lain, seperti PUBG (Player Unknown’s Battlegrounds) dan telah menggelar turnamen PUBG Global Invitational 2018 di Berlin, Jerman, beberapa waktu yang lalu. Menurut Ratna, yang menjadi salah seorang panitia penyelenggara turnamen, saat ini BenQ-Zowie juga tengah mempertimbangkan untuk membuka turnamen PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) di Indonesia.

turnamen zowie cs go asia open

Pendaftaran untuk babak kualifikasi di Indonesia disupervisi oleh pihak Supreme League, yang mengatur jalannya pertandingan dari tahap kualifikasi online hingga tahap kualifikasi offline yang digelar di Daan Mogot. Untuk sistem pertandingannya sendiri adalah Single Elimination (Eliminasi Tunggal) BO 3 (Best Out of Three) artinya tim yang memenangkan 2 pertandingan dapat melaju ke tahap selanjutnya. Sementara pada pertandingan final yang menentukan siapa tim yang akan mewakili Indonesia di Shanghai diberlakukan sistem BO 5 (Best Out of Five) dimana tim yang memenangkan 3 pertandingan layak menjadi wakil Indonesia pada turnamen Zowie Extremeland CS GO Asia Open 2018 bulan Oktober mendatang.

turnamen zowie cs go asia open

Komunitas E-Sports di Indonesia terus berkembang setiap tahunnya, dan pertumbuhan tersebut dapat dilihat melalui makin menjamurnya pertandingan online game di dalam negeri. Jika berbicara mengenai perkembangan game, maka tentu saja mobile gaming ikut masuk pertimbangan, dan laju mobile gaming di Indonesia sangat pesat. Game seperti Mobile Legends sudah menjadi nama yang tidak asing bagi kebanyakan orang, dan pertandingan Mobile Legends juga sudah sering digelar di beberapa tempat. Selain itu, E-Sports juga telah resmi menjadi salah satu cabang olahraga yang tampil di Asian Games 2018. Dua hal tersebut nampaknya menjadi bukti nyata akan perkembangan dunia gaming dan e-sports di tanah air. Tidak hanya itu, saat ini segmentasi umur untuk gamers juga telah meluas. E-Sports sekarang diminati oleh banyak orang dari berbagai usia, tidak hanya anak-anak maupun remaja, orang dewasa pun gemar bermain game, baik itu adalah mobile gaming maupun game di platform seperti PC atau konsol.

turnamen zowie cs go asia open

Menurut Bintang, salah seorang panitia, Counter Strike: GO sendiri menjadi game yang populer di Indonesia karena game tersebut adalah game yang cocok untuk dimainkan bersama. Bahkan pada versi jadul Counter-Strike, seperti CS 1.6, game tersebut menyediakan moda permainan yang menghadapkan 10 pemain melawan 10 penantang lainnya, dan bahkan moda permainan 12 vs 12. Fitur tersebut menarik perhatian gamers di tanah air, sehingga di tahun-tahun sebelumnya, kebanyakan gamers yang bermain game di warnet memilih CS sebagai game andalan mereka.

turnamen zowie cs go asia open

Dalam turnamen babak kualifikasi yang digelar di Supreme League Arena Daan Mogot, Zowie juga menawarkan semua yang hadir untuk mencoba produk-produk gaming mereka di Zowie Experience Zone. Ada beberapa produk yang mereka tampilkan dan dapat dicoba oleh tamu, seperti gaming mouse, mousepad, gaming keyboard, monitor, sistem manajemen kabel (cable management system) dan sistem manajemen audio (audio management system).

turnamen zowie cs go asia open

Sebagai sebuah perusahaan perlengkapan gaming yang awalnya terkenal akibat gaming mouse mereka, maka salah satu produk yang ditampilkan adalah mouse FK-1. Mouse tersebut memiliki tingkat sensitivity (kecepatan respon) yang dapat diatur, dan memiliki desain yang nyaman di tangan. Mouse FK-1 tidak memiliki macro buttons karena mouse tersebut memang didesain khusus untuk mereka yang gemar bermain game-game FPS (First Person Shooter). Tidak hanya itu, yang membedakan Zowie dengan kompetitornya adalah mouse mereka yang datang dengan size / ukuran yang berbeda-beda, sehingga gamers dapat memilih ukuran yang sesuai dengan keinginan mereka.

turnamen zowie cs go asia open

Selanjutnya adalah mousepad. Zowie memiliki dua jenis mousepad, yang terbuat dari bahan (dikenal dengan nama SR Series) dan plastik (dikenal dengan nama TFX Series). Kedua mousepad tersebut memiliki pola permukaan multi-direksional ( berbagai arah ) yang membuatnya lebih unggul dari mousepad lainnya yang memiliki pola single-direction ( satu arah ). Ini karena pola satu arah menghasilkan friksi saat gamers menggerakkan mouse di permukaan mousepad. Sementara itu, dengan pola permukaan multi-arah, hanya ada sedikit friksi yang terjadi saat gamers menggerakkan mouse di atas mousepad. Selain itu, bagian bawah mousepad juga terbuat dari karet, sehingga dapat menempel dengan lebih lekat ke meja dan tidak tergeser secara tak sengaja.

turnamen zowie cs go asia open

Tidak ketinggalan adalah gaming keyboard Zowie, yang dikenal dengan nama CELERITAS II. Keyboard tersebut memiliki keys (tombol-tombol) yang menyala, dan tingkat cahayanya dapat diatur sesuai dengan keinginan gamers. Keyboard CELERITAS II juga menggunakan teknologi optic switch untuk meningkatkan presisi dan ukurannya juga kecil tetapi nyaman (compact). Keyboard tersebut juga awalnya didesain untuk dapat digunakan dengan nyaman di ukuran meja turnamen Indonesia, dan memiliki kecepatan respon yang tinggi.

turnamen zowie cs go asia open

Aksesoris gaming Zowie yang turut ditampilkan pada Zowie Experience Zone adalah sistem manajemen kabel mereka yang disebut Zowie CAMADE, serta sistem manajemen audio Zowie yang dikenal dengan nama VITAL. Sistem manajemen kabel mereka, atau dikenal dengan nama CAMADE, dirancang agar kabel yang berada diatas meja dapat disusun dengan lebih teratur sehingga tidak tersenggol secara tak sengaja, atau mengenai objek lainnya di atas meja. Sementara itu, VITAL memiliki beberapa fitur dimana gamers dapat mengatur tingkat Treble dan Bass untuk game-game mereka, memiliki tombol mute dan dapat di-lock / dikunci sehingga tampilan tombol yang ada tidak terpencet atau tertekan secara tak sengaja.

turnamen zowie cs go asia open

Terakhir, salah satu produk andalan Zowie adalah gaming monitor. Sejak awal, Zowie memang telah lebih berfokus pada monitor dan mouse. Dalam ajang kualifikasi yang digelar di Daan Mogot, Zowie menghadirkan monitor mereka, yaitu gaming monitor XL2546, yang memiliki refresh rate 240 Hertz dan menggunakan sistem DyAc (Dynamic Accuracy). Monitor XL 2546 adalah monitor pertama di dunia yang memiliki panel dengan refresh rate native 240 Hertz. Hal ini berbeda dengan banyak pabrikan monitor lain, yang memiliki refresh rate interlacing, bukan native. Monitor XL 2546 juga menggunakan teknologi Dynamic Accuracy, yang meminimalisir motion blur yang dihasilkan oleh gerakan-gerakan kecepatan tinggi didalam game. Dengan teknologi Dynamic Accuracy serta refresh rate 240 Hertz, gamers dapat menggerakkan mouse dengan cepat dan tetap melihat musuh serta lingkungan sekitar dengan jelas dan tidak blur.

Artikel Terkait: