Deteksi Gempa! Daftar Aplikasi Gempa Untuk Ios Dan Android


Share

Seperti yang telah kalian ketahui bahwa akhir-akhir ini sering terjadi gempa bumi di tanah Air kita Indonesia ini. Setelah pulau lombok mengalami gempa, kemudian disusul terjadinya gempa juga di Palu (sulawesi). Bahkan gempa kali ini lebih hebat mengguncang Palu. Dihimpun dari informasi yang ada, pada awalnya di Palu sendiri terjadi gempa yang terletak di lautan sehingga hal tersebut menyebabkan menimbulkan gelombang air laut menjadi tinggi yang pada akhirnya terjadilah tsunami. Meskipun tsunami yang terjadi dengan ketinggian 1,5 meter saja, namun korban dari adanya bencana alam ini telah memakan jiwa berjumlah ratusan. Oleh karena, ada baiknya untuk lebih berjaga-jaga dan mengetahui kapan terjadinya gempa ini, apalagi bagi kalian yang tinggal di pesisir pantai. Well langsung saja berikut daftar Aplikasi Gempa yang perlu kalian ketahui. Check this out !

Info BMKG

Aplikasi pertama sebagai referensi info bila akan terjadi gempa bumi yaitu info BMKG. Aplikasi ini resmi dirilis oleh BMKG Indonesia, sehingga akan lebih memudahkan memperoleh informasi yang aktual mengenai terjadinya gempa. Namun sayangnya, aplikasi ini hanya mampu mendeteksi gempa hingga berskala 5 skala richter saja. Jika lebih dari skala tersebut masih belum bisa diprediksi secara akurat. Mungkin jika gempa tersebut berskala lebih besar dari 5 skala richter, kalian bisa menggunakan aplikasi lain. Berikut daftar aplikasi gempa lainnya :

Pendeteksi Gempa Akurat! Daftar Aplikasi Gempa Untuk Ios Dan Android

Disaster Alert

Aplikasi Gempa ini dibuat dari negeri paman sam, tepatnya di Hawai. Aplikasi ini cukup lengkap mengenai fitur yang diberikannya karena bukan hanya dapat mendeteksi gempa saja, namun juga bisa mendeteksi tsunami, gunung meletus, badai, longsor, kebakaran hutan dan banjir. Tak cukup sampai disitu saja, aplikasi ini dapat mendeteksi seberapa jauh virus menyebar di sekitar lingkungan yang kalian diami. Dan berita baiknya, bahwa aplikasi ini dapat kalian unduh baik itu untuk pengguna android, atau ios.

Quake feed

Namun jika kalian para pengguna ios tidak menemukan atau kesulitan untuk menemukan Aplikasi Gempa yang telah direkomendasikan diatas, kalian bisa menggunakan aplikasi quake feed ini. aplikasi ini memang dikhususkan bagi kalian pengguna ios. So, bagi kalian yang ingin mengunduhnya, langsung saja untuk mengunjungi apple app store. Namun kekurangan dari aplikasi ini mungkin sedikit kurang hebat dari aplikasi buatan anak bangsa yaitu info BMKG. Mengingat aplikasi quake feed ini hanya mampu mendeteksi gempa hingga berskala 4,5 skala richter saja.

Safety tips

Nah, untuk aplikasi yang satu ini berasal dari negara yang terkenal dengan bunga sakura ( jepang ). Sama hal nya dengan negara Indonesia, negara  jepang juga rentan akan terjadinya gempa dan tsunami, mengingat negara yang satu ini memang memiliki jumlah gunung berapi aktif yang tidaklah sedikit dan ditambah dengan letak geografisnya. Oleh karenanya dengan adanya aplikasi ini, kalian akan mendapat info ter-aktual seputar terjadinya gempa dan tsunami.

Well, itulah daftar aplikasi pendeteksi gempa yang akurat, sehingga dapat meminimalisir terjadinya korban bencana alam. Sampai disini, which one d you like ? You can choose itu by yourself. Good luck!

Artikel Terkait: