Cara Atasi PC Bikin Jeblok Listrik

Cara Atasi PC Bikin Jeglek Listrik

Share

Beberapa dari kalian pasti pernah merasakan, bahwa setelah merakit PC kesayangan kalian dan saat mencoba menyalakannya pertama kali, namun yang terjadi listrik rumah jeblok atau turun. Ada beberapa penyebab masalah ini dan Ulasan ID akan membantu kalian dengan beberapa solusi yang tepat.

Berikut adalah beberapa problem dan solusinya:

  • Motherboard dan Casing
    Pada beberapa casing kelas murah, cat yang digunakan masih bisa menghantarkan listrik, sehingga saat motherboard menyentuh lempengan casing, terjadi korsleting. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan memasang plastik pada bagian casing yang dipasangi motherboard. Selain plastik, kalian bisa menggunakan lakban agar lebih rapi.
  • Power Supply
    Terkadang ada beberapa powersupply yang mengalami cacat produksi, sehingga komponen internalnya mengalami korsleting dan menyebabkan listrik rumah kalian jeblok. Jika tercium bau terbakar pada power supply, segera lepas dan ganti power supply kalian dengan power supply dengan merek yang baik dan bersertifikasi.
  • Daya Listrik Rumah
    Penggunaan kapasitas daya listrik rumah yang rendah, menyebabkan listrik jeblok secara otomatis, karena kalian melampaui kapasitas. Untuk mengatasi hal ini, kalian harus mematikan sebanyak mungkin peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik besar, seperti AC, Kulkas, Magic Jar, Dispenser, atau yang lainnya. Selain itu, kalian bisa menggunakan stabilizer agar PC kalian menggunakan daya listrik secara perlahan, tidak langsung mengambil daya listrik yang besar dari saluran listrik rumah.

Artikel Terkait: