MSI MPG Z390 Gaming Plus: Motherboard Sempurna untuk Intel Core Generasi ke-9

MSI MPG Z390 Gaming Plus

Share

Akhirnya Intel memperkenalkan prosessor generasi ke-9 milik mereka, Intel juga memperkenalkan chipset Intel Z390 yang memiliki fitur lebih banyak dibandingkan dengan chipset sebelumnya. Kali ini juga, penulis berkesempatan untuk menjajal motherboard MSI MPG Z390 Gaming Plus yang sesuai namanya sudah terbenam chipset Intel Z390. Lalu pastinya beberapa dari kalian bertanya-tanya tentang apasih chipset Z390 ini, langsung aja kita bahas.

Intel Z390: Intel Z370 yang Disempurnakan

Banyak yang bingung dengan kehadiran chipset Intel Z390, penulis akan mencoba menyederhanakan apa sih sebenarnya Intel Z390. Intel Z390 kalau dirangkum dalam sebuah kalimat sederhana adalah Intel Z370 dengan penyempurnaan fitur yang ada. Kedua chipset Intel Z390 dan Intel Z370 bisa mendukung prosessor Intel generasi ke-8 dan ke-9 jika menggunakan BIOS versi terbaru. Bahkan tidak hanya seri Z saja, jika kalian memiliki motherboard Intel seri-300 seperti H310 atau B360, dengan melakukan update BIOS kedua chipset tersebut juga sudah bisa menggunakan prosessor Intel generasi ke-9.

Intel Z390

Perbedaan Intel Z390 dengan Intel Z370 adalah:

  1. Peningkatan Intel Smart Sound Technology yang sudah menggunakan Quad Core DAC untuk kualitas suara yang lebih baik.
  2. Penambahan Intel Wireless-AC 802.11AC dan Bluetooth 5
  3. Dukungan USB 3.1 Gen 2

Kalau diperhatikan sebenarnya ketiga penambahan tersebut sudah diimplementasikan oleh beberapa vendor motherboard, penulis ambil contoh vendor MSI. MSI sudah mengimplementasikan dukungan DAC audio yang diperkuat oleh Nahimic untuk kualitas audio saat bermain game yang lebih baik.

MSI Z370 Gaming Pro AC

Dukungan WiFi juga sudah diimplementasikan pada motherboard MSI Gaming Pro AC, USB 3.1 Gen2 juga sepertinya bisa dibilang sudah jadi fitur dibanyak motherboard MSI.

Perbedaan tersebut akan lebih dirasakan oleh pihak manufaktur. Sebagai contoh selama ini banyak vendor yang menggunakan chip USB Controller tambahan pada motherboard mereka sehingga bisa menghadirkan USB 3.1 Gen2. Dengan chipset Z390, proses manufaktur seharusnya menjadi lebih ringkas karena tidak perlu modul tambahan.

Bahkan pada beberapa forum di luar sana, banyak yang berspekulasi bahwa Intel Z370 sebenarnya adalah Z270 yang didesain agar memberikan Power Draw yang lebih besar karena arsitektur Coffee Lake membutuhkan daya yang lebih besar akibat jumlah core yang bertambah dibandingkan Skylake dan Kaby Lake.

MSI MPG Z390 Gaming Plus

Lalu pertanyaannya adalah MSI MPG Z390 Gaming Plus, apa bedanya dengan vendor lain karena sekarang beberapa fitur yang dulunya adalah tambahan sekarang sudah menjadi fitur yang pasti ada.

Heatsink yang Besar

Heatsink pada MSI MPG Z390 Gaming Plus yang sangat besar bukan hanya sebagai pajangan. Heatsink yang besar tersebut terbukti mampu menahan stress test tanpa terjadi throttle pada VRM.

Konektivitas Lengkap

MSI MPG Z390 Gaming Plus

Untuk urusan konektivitas seharusnya bukan jadi masalah lagi, terutama kalau memang berencana untuk menggunakan pendinginan liquid cooler dan banyak Fan pada casing. MSI MPG Z390 Gaming Plus menawarkan total sebanyak 7 connector yang terbagi menjadi 1 untuk water pump, 1 untuk CPU Fan, serta 5 System Fan untuk kipas pada Casing.

2 RGB connector dengan dukungan MSI Mystic Light memungkinkan sistem PC kalian berbeda dibandingkan sistem lainnya.

2 slot M.2 yang sudah mendukung NVMe juga memungkinkan pengguna mengaturnya pada mode RAID 0 untuk performa penyimpanan sangat cepat. Kedua slot tersebut juga sudah mendukung Intel Optane Memory.

2 slot PCIe 3.0 x16 yang tersedia, meskipun tidak mendukung Nvidia SLI, bisa mendukung AMD Crossfire sehingga bisa menggunakan dual GPU untuk meningkatkan performa bermain game atau mempercepat pekerjaan.

4 slot PCIe x1 yang tersedia juga memberikan keleluasaan untuk menambah aksesoris lainnya seperti USB Card tambahan, TV Tuner, atau mungkin Ethernet Card.

4 slot DIMM untuk RAM maksimal hingga 64GB dengan kecepatan hingga 4400 MHz jika menggunakan memory RAM yang mendukung.

MSI MPG Z390 Gaming Plus

Total 8 port USB di bagian belakang yang terbagi menjadi 4 port USB 2.0, 2 port USB 3.1 Gen1 Type-A, 1 port USB 3.1 Gen2 Type-A, dan 1 port USB 3.1 Gen2 Type-C. Kalau merasa masih kurang, ada total 4 konektor USB lagi yang terbagi jadi masing-masing 2 konektor untuk USB 3.1 Gen1 dan USB 2.0.

6 port SATA3 untuk kecepatan hingga 6Gbps untuk tambahan storage juga dirasa cukup.

Untuk selengkapnya kalian bisa langsung menontonnya pada channel YouTube Ulasan berikut:

Artikel Terkait: