Review BenQ EW3270U, Monitor Multimedia Yang Bisa Gaming

Review BenQ EW3270U, Monitor Multimedia Yang Bisa Gaming

Share

Mungkin bagi sebagian orang, monitor bukan lah sesuatu yang terlalu di prioritaskan ketika memilih sebuah hardware. Karna mungkin masih banyak yang belum mengerti atau tidak terlalu peduli mengenai spesifikasi dari monitor itu sendiri, maka kebanyakan orang hanya melihat monitor dari segi ukuran dan resolusi saja monitor itu saja. Tapi bagi Content Creator dan Gamers kalangan professional ataupun penikmat Multimedia, monitor merupakan aspek yang tidak kalah penting nya dibanding hardware lainya, itu karena hasil yang diinginkan sangat bergantung terhadap kualitas output bisa yang dihasilkan oleh sebuah monitor tersebut.

Kali ini kita akan membahas sebuah Monitor dari BenQ, yaitu BenQ EW3270U. Monitor ini mempunyai bentang layar 31,5″ atau 32″ dengan resolusi 4K. Berikut Spesifikasinya,

  • Display Spesification,
Display
Screen Size 31.5
Panel Type VA Type
Backlight Technology LED backlight
Resolution (max.) 3840×2160
Brightness 300
Native Contrast(typ.) 3000:1
Viewing Angle (L/R;U/D) (CR>=10) 178/178
Response Time 4
Refresh Rate 60Hz
Aspect Ratio 16:9
Display Colors 1.07 billion colors
Color Gamut 95% DCI-P3
Display Area(mm) 698.4*392.85
PPI 140
DCR (Dynamic Contrast Ratio) (typ.) 20M:1
Color Bit 10 bit

 

  • Screen & Feature,
Audio
Built-in Speaker 2Wx2
Headphone Jack Yes
Monitor
Product Color Metallic grey
Color Temperature Reddish / Normal/ Bluish /user mode
K Locker Yes
OSD Language 18 Languages (English / Francais / Deutsch / Italiano / Espanol / Polish / Czech / Hungarian / Romanian / Netherlands / Russian / Swedish / Protuguese / Japanese / Chinese / S-Chinese / Arabic/Korean)
HDCP Yes
VESA Wall Mount Yes
AMA Yes
Eye Care
Flicker-free Technology Yes
Low Blue Light Yes
Brightness Intelligence Plus (B.I.+) Yes
Gaming
FreeSync Yes
Connecttivity
HDMI Yes
DisplayPort DisplayPort (v1.4)x1
USB Type-C Yes

Berdasarkan Tabel Spesifikasi di atas, terlihat jika monitor ini mampu menunjang aktivitas Multimedia dengan sangat baik serta juga mampu mengeluarkan output yang baik ketika berrmain Game. Dengan Fitur HDR yang ada, kita bisa menyaksikan kualitas Gambar dengan tajam apalagi didukung dengan Resolusi 4K. Dan dengan adanya fitur Brightness Intelligence Plus (B.I.+), kalian tidak perlu mengatur brightness secara manual, karena monitor ini dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara Otomatis sesuai dengan keadaan lingkungan kalian. Berikut hasil pengujian kita terhadap perbandingan BenQ EW3270U ini ketika dan tanpa menggunakan fitur HDR,

HDR

Terlihat perbandingan kualitas gambar yang dihasilkan dengan atau tanpa menggunakan Fitur HDR. Warna yang lebih Real dan Contrast dapat ditampilkan jika kita mengaktifkan fitur HDR pada monitor BenQ EW3270U ini. Didukung dengan port konektivitas yang lengkap, kalian bisa menikmati kontent multimedia dan Gaming tanpa hambatan. Sayangnya, monitor ini belum memiliki frame yang tipis layaknya monitor terbaru kekinian. Dan dengan Refresh Rate yang “hanya” sebesar 60Hz nampaknya memang ditujukan untuk Gaming via Console.
BenQ
Untuk harga, Monitor BenQ EW3270U ini dibandrol dengan harga Rp. 7.325.000. Hal itu wajar mengingat resolusi dan fitur-fitur yang di sematkan pada monitor ini. Itu dia ulasan kita tentang minitor BenQ EW3270U ini, jika kalian seorang Content Creator , Console Gamers atau bahkan penikmat Multimedia yang berkualitas, kalian bisa menjadikan monitor ini sebagai pilihan kalian.

Artikel Terkait: