10 Tahun Android, Inilah Smartphone Pertamanya di Dunia

Ini Neh Smartphone Pertama Android di Dunia, Bukan Samsung Loh!

Share

Smartphone Pertama Android dan Sistemnya yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2008 adalah sistem operasi paling populer untuk ponsel saat ini. Salah satu alasan keberhasilannya yang luar biasa adalah sistem operasi open source.

Android dikembangkan oleh Android Inc dan bukan Google! lalu dibeli oleh Google pada tahun 2005. Android diluncurkan selama periode ketika iOS Apple berada di pucuk pimpinan OS untuk pasar ponsel. Awalnya Android tidak banyak membuat keributan di dunia seluler tetapi mulai tumbuh secara bertahap. Android telah berkembang menjadi salah satu komunitas yang memiliki Pengembang untuk aplikasi terbesar dan mengembangkan sejumlah besar aplikasi yang memperluas fungsi ponsel pintar.

 

htc

Ponsel android pertama yang diluncurkan adalah HTC Dream pada 22 Oktober 2008. HTC Dream yang juga dikenal sebagai T-Mobile G1 di Amerika Serikat dan beberapa bagian Eropa adalah perangkat pertama yang diluncurkan secara komersial yang didukung oleh sistem operasi Android. Semua orang memiliki harapan besar untuk ponsel android pertama di dunia ini.

Smartphone pertama berbasis Android ini berjalan di Android 1.6 (Donut). Memiliki 192 MB RAM, 256 MB ROM dan hingga 16GB penyimpanan eksternal (microSD). HTC Dream didukung oleh baterai lithium-ion 1150 mAh dan prosesor 528 MHz Qualcomm MSM7201A ARM11. Smartphone pertama android ini, memiliki kamera belakang sebesar 3,15 megapiksel dengan auto-fokus. Perangkat ini menggunakan layar sentuh kapasitif 3,2 inci.

Smartphone ini hadir dengan aplikasi seperti Gmail, Google Maps, Pencarian, Google Talk, You Tube dan juga aplikasi bawaan biasa lainnya seperti kalender, kontak, alarm dll.

Artikel Terkait: