Content Creator Gathering Bersama Aorus dan AMD

Content Creator Gathering Bersama Aorus dan AMD

Share

Gigabyte Aorus bersama AMD Indonesia mengadakan gathering komunitas content creator yang diadakan pada 16 November 2018 di Jakarta. Acara dimulai dengan pendaftaran ulang para tamu undangan, pemberian stiker AMD Ryzen | Radeon, dan pemberian nomor undian kepada setiap tamu untuk mendapatkan hadiah keren pada akhir acara.

 

Lalu diikuti dengan ramah tamah selagi para tamu undangan mengisi form data diri dan kuisioner Gigabyte dan AMD. Banyak peserta undangan memberikan pendapat maupun bertanya jawab satu sama lain untuk berbagi ilmu tentang AMD Threadripper maupun perkembangan teknologi komputer lainnya pada sesi ini.

 

Pengguna dan Pemilik Threadripper bukan Sultan

Pada acara ini, para narasumber menjelaskan pentingnya performa prosesor High End Desktop atau HEDT, yaitu AMD Threadripper 2 2990WX. Prosesor Threadripper dari AMD ini memiliki 32 core dan 64 thread, dengan base clock 3.0 GHz dan turbo clock hingga 3.2 GHz. lalu, apakah dengan jumlah core dan thread sebanyak ini mampu meningkatkan frame rate saat bermain game?

 

 

Tentu tidak, karena prosesor seharga 28 juta Rupiah ini memang tidak ditujukan untuk kalangan gamer atau konsumer biasa. Namun, prosesor ini ditujukan pada pengguna profesional yang membutuhkan prosesor dengan kemampuan multithreading luar biasa untuk mengerjakan tugas-tugasnya dengan cepat dan efisien, dimana 3 pekerjaan rendering video dan gambar berresolusi 4K dapat dikerjakan secara bersamaan, serta bermain game esport saat komputer melakukan rendering. Sehingga AMD Threadripper bukanlah kelas konsumer, namun para profesional yang mampu menggunakan 2990WX untuk hal yang jauh lebih produktif dibandingkan prosesor biasa.

 

 

Motherboard juga Penting

Jika kalian menggunakan prosesor dengan performa ekstra dan jumlah core yang sangat banyak, tentu kalian membutuhkan pasokan daya listrik yang baik dan power supply dan controller VRM yang baik pula pada motherboard kalian, karena “More Core, More Power, More Performance”. Motherboard yang digunakan untuk AMD Threadripper memiliki kualitas VRM yang sangat baik dengan phase yang sangat tinggi, selain itu pengaturan dan jumlah PCI Lane yang baik juga sangat berpengaruh bagi pengguna multi GPU AMD Radeon FirePro untuk mengerjakan tugasnya.

 

 

Gigabyte menawarkan produk seri Aorus dan Designare X399 untuk memenuhi hal tersebut. Bagi para pengguna AMD Threadripper generasi kedua, tentu bertanya-tanya bagaimana motherboard X399 lama untuk Threadripper generasi 1 dapat menggunakan Threadripper generasi kedua yang tentunya membutuhkan update BIOS. Gigabyte memberikan fitur menarik untuk memecahkan masalah ini, sehingga kalian tidak perlu membeli prosesor AMD Threadripper generasi pertama untuk melakukan update BIOS. Untuk meng-update BIOS motherboard X399 Gigabyte, kalian hanya cukup memasukkan file BIOS terbaru pada USB Flashdisk dengan format FAT32, lalu colokkan flashdisk tersebut ke slot USB berwarna putih. Lalu, nyalakan komputer pengguna hingga slot flashdisk tersebut berkedip merah, tunggu hingga lampu kedipan berhenti yang menandakan BIOS telah ter-update, dan motherboard pengguna siap untuk digunakan bersama AMD Threadripper generasi kedua.

Artikel Terkait: