Intel Luncurkan Modem 5G Pertama di Dunia, Ngebut Banget

Intel Luncurkan Modem 5G Pertama di Dunia, Ngebut Banget

Share

Intel meluncurkan XMM 8160 – ini adalah modem 5G pertama di dunia. Ini adalah modem multimode sehingga mendukung teknologi mmWave terbaru. Dengan memiliki semua konektivitas ini dalam satu pembuat chip. Modem ini dapat menyederhanakan motherboard dari ponsel mereka, PC dan hotspot.

Modem baru ini akan memberikan kecepatan puncak hingga 6Gbps, tiga kali lebih cepat daripada modem LTE terbaru Intel. Mendukung rentang pendek / bandwidth tinggi mmWave, serta 5G NR dari 600MHz ke 6GHz (baik dalam FDD dan TDD).

Modem ini juga mendukung EN-DC – suatu cara bagi modem untuk terhubung ke jaringan 4G dan 5G secara bersamaan. Konektivitas jaringan dikontrol melalui jaringan 4G, 5G melompat untuk transfer data cepat bila diperlukan. Ini disebut koneksi Non Stand Alone dan akan menjadi vital selama transisi 4G / 5G. Modem mendukung konektivitas Stand Alone juga.

intel modem 5g

Pengungkapan XMM 8160 ditarik ke depan, lebih dari enam bulan. Namun, tidak akan dikirimkan hingga paruh kedua tahun 2019 dan produk komersial pertama dengan itu akan ada di paruh pertama tahun 2020.

Apple membuang Qualcomm dan menggunakan modem Intel tahun ini. Tidak jelas apakah pembuat iPhone ini akan kembali ke Intel untuk 2019, tetapi ia berencana untuk menjatuhkan Intel pada tahun 2020. Jadi, tidak akan ada iPhone 5G bertenaga Intel. MediaTek ingin mengambil kesempatan ini dengan modem 5G sendiri, yang akan siap pada waktunya untuk iPhone 2020.

Tentu saja, Intel masih memiliki pasar PC untuk diharapkan, terutama ultrabooks, 2-in-1s dan tablet Windows.

 

Artikel Terkait: