Kapan Yah Beli Radeon RX 590 ?

Kapan Yah Beli Radeon RX 590 ?

Share

AMD baru saja merilis graphic card terbarunya pada 15 November 2018, yaitu Radeon RX 590 yang menggunakan teknologi fabrikasi 12 nm dan arsitektur chip tetap pada GCN 4.0. Radeon RX 590 dirilis saat harga bitcoin melemah, sehingga harga graphic card baru dari AMD ini tidak terlalu tinggi, yaitu 4 sampai 5 jutaan Rupiah. Radeon RX 590 memiliki jumlah compute unit dan core yang sama dengan RX 580, namun memiliki performa yang lebih tinggi dan TDP yang lebih rendah dibandingkan RX 580. Hal disebabkan karena RX 590 memiliki fabrikasi yang lebih rapat dibanding RX 580, yaitu 12 nm. Semakin kecil fabrikasi, semakin efisien chip tersebut, karena chip tersebut hanya memerlukan tegangan listrik yang lebih rendah dengan jumlah compute unit yang sama untuk bekerja.

Lalu, kapan saat yang tepat untuk membeli graphic card terbaru dari AMD ini? Jika kalian memiliki dana lebih dan ingin melakukan upgrade dari graphic card lama dengan kelas dibawah Radeon RX 580 atau GeForce GTX 1060, kalian dapat membelinya sekarang. Namun, ada kemungkinan kalian akan mengalami beberapa kendala, seperti berbagai macam bug karena driver belum optimal, seperti yang dialami oleh graphic card baru lainnya. Jika kalian ingin bersabar hingga 3 bulan kedepan atau awal tahun 2019, maka kalian bisa mendapatkan graphic card dengan performa yang baik dan stabil, selain itu ada kemungkinan harga semakin turun karena kemunculan graphic card baru.

Radeon RX 590 cocok untuk gamer yang menggunakan layar dengan resolusi 1080p dan nyaman bermain pada frame rate 75 FPS atau 120 FPS, serta monitor berteknologi AMD FreeSync yang mudah ditemui dengan harga terjangkau. Selain itu, game-game yang memiliki texture segambreng, berat, dan warna yang detail tentu akan mudah dilibas oleh Radeon RX 590, karena AMD selalu mengutamakan performa texture elemen dibandingkan per pixel.

Artikel Terkait: