Review AMD Athlon 200GE : Murah, Irit, Dan Performa Menjadi Satu

Review AMD Athlon 200GE : Murah, Irit, Dan Performa Menjadi Satu

Share

Dengan naiknya harga Dollar dan semakin melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar memang memberikan pengaruh terhadap beberapa Aspek khususnya pada harga jual barang Elektronik. Dengan naiknya harga jual barang Elektronik, juga berimbas pada harga komponen PC yang dimana pada beberapa komponen juga ikut naik. Hal itu membuat beberapa orang yang ingin merakit PC akan berpikir 2x sebelum memutuskan Spesifikasi seperti apa yang akan di rakit supaya mendapatkan “price to performance” yang balance.

Kali ini kita kedatangan sebuah Processor terbaru dari AMD yang mana dianggap mempunyai “price to performance” yang sangat pas baik dari segi harga dan performa.  Processor tersebut adalah AMD Athlon 200GE yang mempunyai harga Rp 847.000 saja. Disini kita akan mengulas secara singkat bagaimana performa dari Processor ini dengan mencoba memainkan beberapa Game E-Sports. 

Sebelum masuk ke pengujian, berikut Spesifikasi dari Athlon 200GE ini,
Athlon 200GE Spesifikasi

Dengan 2 Core 4 Threads dan Clok Speed sebesar 3.2GHz, Athlon 200GE ini dibekali dengan arsitektur “ZEN”. Untuk Graphics nya, Athlon 200GE ini menggunakan VEGA 3 dengan Frequency 1000MHz dan GPU Core sebanyak 3 Core. bagi kalian yang suka melakukan Overclock pada processor, Athlon 200GE ini sayangnya tidak mengijinkan kalian untuk melakukan Overclocking untuk Processor nya, sehingga kalian harus puas dengan Clock Speed default sebesar 3.2 GHz tersebut.
Pada pengujian ini kita akan memainkan beberapa Game E-Sport seperti PUBG Tencent Gaming Buddy, Counter-Strike: Global Offensive, dan juga Dota 2. Spesifikasi yang kita gunakan disini sangat terbatas mengingat pengujian ini adalah gambaran bagi User dengan Budget yang sangat terbatas. Berikut Spesifikasi yang kita gunakan,

  • Athon 200GE
  • Asrock A32oM – HDV
  • 4 GB Klevv Bolt 2666 MHz
  • 120 GB SSD Kelvv Neo N500
  • Cube Gaming Blig + PSU 500W

Total biaya yang dikeluarkan untuk perakitan di atas hanya berkisar 2,8jt-an saja. Kita memainkan Game tersebut dengan Resolusi Full HD (1920*1080) dengan Settingan akan di sesuaikan tergantung Game yang dimainkan. Berikut Hasilnya,

Couter Strike : Gobal Offensive

Game ini kita mainkan pada Resolusi FHD (1920*1080) dengan Settingan Medium. Frame yang dihasilkan sangat Stabil di atas 70 FPS bahkan mencapai 90’an FPS. Tapi di beberapa Scene FPS sempat drop di angka 50’an FPS.

Athlon 200GE CS GO

PUBG ( Tencent Gaming Buddy )

Pada game ini, terlihat PC yang kita gunakan sedikit kewalahan mendapatkan FPS yang tinggi. Akan tetapi jika mengingat total harga yang dikeluarkan, hal ini sangat masuk akal. Pada awal permainan, FPS yang dihasilkan “hanya” berkisar antara 20-30’an FPS, setelah itu FPS mampu mencapai 40’n FPS dan itu bagi sebagian orang sudah cukup playable dimainkan.
Athlon 200GE PUBG

Dota 2

Game Dota 2 ini kita mainkan dengan Settingan Graphic Low-Medium, FPS yang dihasilkan sangat stabil pada angka 40’an FPS dan terkadang menyentuh 50’an FPS.
Athlon 200GE Dota 2

Pada pengujian ini, hal yang paling menarik bagi kita adalah Konsumsi daya dari Processor ini. Dengan TDP sebesar 35 Watt, Processor ini hanya membutuhkan daya sebesar 60’n Watt saja ketika kondisi Full Load.
Watt Athlon 200ge
Hal ini tentu menjadi nilai lebih bagi kalian yang ingin Build PC dengan Budget yang terbatas tanpa boros biaya tagihan listrik. Mengingat range harga yang murah dan konsumsi listrik yang hemat, Processor ini dapat juga menjadi Alternatif bagi kalian yang ingin menikmati hiburan Multimedia dengan Build HTPC atau menjadikan Processor ini sebagai PC saat bekerja. Jadi bagaimana pendapat kalian terhadap AMD Athlon 200GE ini ?

Itulah hasil pengujian kita terhadap Processor AMD Athlon 200GE ini. Sayang nya karena keterbatasan waktu kita belum sempat menguji Processor ini lebih jauh lagi. Bagi kalian yang ingin menyaksikan dan ingin mengetahui review lebih lengkapnya, kalian bisa langsung nonton videonya berikut ini.

Artikel Terkait: