MSI B450M Mortar, Pilihan Terbaik untuk Gamers!

MSI B450M Mortar, Pilihan Terbaik untuk Gamers!

Share

Motherboard chipset AMD B450 sebenarnya sudah menyapa konsumen sekitar 6 bulan. Dengan munculnya chipset AMD B450, otomatis motherboard lawas dengan chipset B350 akan turun harga. Tapi apakah selisih harga B450 dengan B350 memang menghadirkan perbedaan yang cukup besar dari segi fitur? Di meja ulasan.id ada Motherboard MSI B450 Mortar, langsung aja kita ulas!

Mulai dari chipsetnya dulu, AMD B450 – menurut penulis – hadir menawarkan revisi dan pembaruan agar dapat mengoptimalkan performa Ryzen generasi ke-2. Bukan jadi rahasia lagi, AMD memperbolehkan overclock prosessor Ryzen pada chip kelas menengah mereka. Revisi yang ditawarkan juga seputar dengan peningkatan performa, sebut saja perubahan desain VRM yang lebih efisien yang mampu mendukung hingga Ryzen 7 2700X yang memerlukan TDP 105W. Revisi untuk mendukung speed memory yang lebih tinggi serta kompabilitas RAM yang lebih luas.

Sekarang kita fokus ke produk motherboard MSI B450M Mortar. Bisa dibilang salah satu motherboard terbaik dengan chipset AMD B450 terbaik yang ada di pasaran sekarang ini. Fitur terbaik yang ditawarkan MSI di produk MSI B450M Mortar menurut penulis adalah hadirnya heatsink super besar untuk mendinginkan VRM. Untuk memperoleh performa overclock yang stabil, selain harus memperhatikan suhu prosessor, suhu VRM juga harus diperhatikan karena VRM yang panas tidak dapat menyalurkan daya yang baik kepada prosessor.

MSI B450M Mortar Motherboard Layout

Masih tentang performa, MSI B450M Mortar juga membenamkan 8-pin power CPU sehingga prosessor yang memerlukan daya besar seperti Ryzen 7 2700X dapat berjalan pada performa optimumnya.

4 slot DIMM untuk RAM juga memastikan upgradeability ke depan yang lebih baik dengan dukungan hingga 64GB RAM. Mengingat sekarang 8GB RAM jadi standar minimum untuk bermain game, kit 2x4GB pasti jadi pilihan banyak orang saat akan membeli RAM, dengan adanya 4 slot DIMM, kalian bisa upgrade memory kalian lagi tanpa perlu mengganti RAM yang sudah ada.

Fitur EZ Debug LED juga cukup membantu saat melakukan Troubleshooting. Pilihan penyimpanan juga tergolong lengkap, mulai dari 2 slot M.2 yang sudah mendukung teknologi NVMe serta tambahan 4 slot SATA3 untuk koneksi HDD atau SSD SATA.

1 slot x16 PCIe Full armor untuk kartu grafik juga jadi fitur yang cukup membantu, mengingat kartu grafik sekarang yang semakin besar akibat heatsink. 2 slot PCIe x1 dan 1 slot PCIe x8 untuk periperhal tambahan lainnya.

Koneksi di motherboard juga cukup memumpuni untuk ukuran M-ATX, sebut saja 2 konektor USB 2.0, 1 konektor USB 3.0, 2 konektor RGB, 3 konektor PWM system fan, dan pastinya 1 konektor CPU fan.

MSI B450M Mortar

Balik ke bagian belakangnya, terdapat tombol BIOS Flashback sehingga kalian bisa update BIOS tanpa perlu ada prosessor atau RAM terpasang. Fitur ini, menurut penulis seharusnya menjadi standar semua motherboard. Bayangkan kehadiran Ryzen generasi ke-3 dan kalian membeli motherboard MSI B450M Mortar. Kalian cukup colok USB dan bisa langsung memasangkan Ryzen generasi ke-3 nanti.

Ada juga 2 port USB 2.0 serta 1 port PS/2, 1 DisplayPort dan 1 HDMI untuk output Ryzen APU, 4 port USB 3.1 Gen1, 1 Gigabit LAN, 2 port USB 3.1 Gen2: Type-A dan Type-C, dan tidak lupa port Audio yang dipercayakan kepada Nahimic untuk pengalaman bermain game yang lebih baik.

Setiap pembelian Motherboard MSI B450M Mortar kalian juga berhak atas software StoreMI.

Artikel Terkait: