MSI GeForce RTX 2080 Gaming X Trio: Gaming 4K Tanpa Lawan!

MSI GeForce RTX 2080 Gaming X Trio: Gaming 4K Tanpa Lawan!

Share

MSI dengan seri Gaming X Trio bisa dibilang adalah produk flagship dan kini produk flagship tersebut hadir dengan varian terbaru, yaitu MSI GeForce RTX 2080 Gaming X Trio. Seperti namanya, di dalam kartu grafik super tebel dan super berat ini terbenam GPU RTX 2080. Dan gak perlu lama lagi, langsung aja kita ulas!

MSI GeForce RTX 2080 Gaming X Trio

Kita mulai dari spesifikasinya, kartu grafik MSI RTX 2080 Gaming X Trio menggunakan GPU Nvidia GeForce RTX 2080 yang berbasis chip TU104-400A. Huruf “A” pada “400A” berarti chip ini sudah dibinning agar dapat mengeluarkan performa lebih tinggi dibandingkan dengan RTX 2080 lainnya.

Pada arsitektur Turing, Nvidia juga membenamkan memory terbaru, yaitu GDDR6 dengan bus width 256-bit yang dipasangkan dengan VRAM 8GB dengan clock 14 Gbps sehingga menghasilkan bandwidth memory sebesar 448 GB/s. Sebagai perbandingan saja, GTX 1080 memiliki 320 GB/s.

MSI GeForce RTX 2080 Gaming X Trio

Untuk memenuhi kebutuhan daya, terdapat 2 buah 8-pin PCI Power yang dapat mengkonsumsi 260W, sehingga MSI merekomendasikan PSU dengan daya minimal 650W.

Pada generasi terbarunya, Nvidia juga mengganti SLI finger menjadi konektor NVLink agar memiliki bandwidth yang lebih besar. Tapi jangan salah, meskipun menggunakan konektor NVLink, tapi Nvidia menguncinya sebatas fitur SLI hingga 2 kartu grafik saja.

MSI GeForce RTX 2080 Gaming X Trio

Konektornya juga sudah kekinian menggunakan USB Type-C yang sudah mendukung VirtualLink sehingga kedepannya, perangkat VR cukup menggunakan 1 kabel USB Type-C yang berfungsi untuk display dan daya.

MSI GeForce RTX 2080 Gaming X Trio

3 kipas yang menutupi sebagian besar heatsink bekerja bergantian untuk mendinginkan GPU di bawahnya. 2 kipas akan menyala bersamaan saat suhu berada di atas 56 derajat Celcius sedangkan 1 buah kipas kecil baru akan ikut menyala di atas suhu 60 derajat Celcius. Heatsink yang super tebal dan berat juga berfungsi untuk mendinginkan semua bagian, mulai dari bagian chip GPU, RAM, hingga VRM.

Untuk performanya, kartu ini bisa dibilang jadi kartu pilihan kalau kalian ingin bermain di resolusi 4K 60 fps. Kalian bisa melihat hasil benchmarknya di bawah.

Benchmark
Benchmark
Benchmark
Benchmark
Benchmark
Benchmark
Benchmark
Benchmark

Peningkatan performa hingga 40% di resolusi 4K sangat signifikan pada game FarCry 5 juga menjadi berita mengejutkan mengingat peningkatan CUDA Core pada RTX 2080 jika dibandingkan dengan GTX 1080 “hanya” 15%. Jadi sepertinya teknologi Memory GDDR6 berpengaruh besar terutama jika berencana untuk menjalankan game dengan resolusi tinggi.

MSI RTX 2080 Gaming X Trio

Plus, MSI juga memasukkan komik Lucky The Dragon untuk memandu dalam pemasangan, hal kecil tapi penting mengingat segmen pasar Gaming X Trio yang sudah masuk niche market.

Artikel Terkait: