Nvidia DSR, Main Game 4K di Monitor 1080p

Nvidia DSR, Main Game 4K di Monitor 1080p

Share

Graphic card GeForce GTX memiliki fitur spesial yang disebut Nvidia DSR (Dynamic Super Resolution). Fitur ini berfungsi agar graphic card GeForce GTX kalian melakukan render pada resolusi yang lebih tinggi pada resolusi monitor kalian, lalu mengimplementasikannya pada out monitor kalian. Hasilnya, tingkat detail game akan meningkat drastis, namun hal ini akan menambah beban kerja graphic card GTX kalian.

Yuk, subscribe channel youtube ulasan.id:


Kalian bisa mengakses fitur DSR ini pada Nvidia Control Panel lalu pilih “Manage 3D Setting”. Selanjutnya kalian bisa memilih DSR Factor, yaitu berapa kali game kalian akan di-render lebih tinggi dari resolusi monitor kalian. Contoh: Budi menggunakan GeForce GTX 1050Ti pada monitor dengan resolusi 1366 x 768p, dengan variabel ini kemampuan GTX 1050Ti miliki Budi masih bisa ditingkatkan jauh lebih tinggi lagi. Untuk itu, Budi dapat memilih  DSR Factor: 2 x (Native Resolution), yang berarti game akan di-render pada resolusi 2732 x 1536p. Tingkat detail gambar akan meningkat setidaknya 2x lipat dari semula.

 


Nvidia DSR cocok digunakan jika kalian bermain game-game lawas yang tingkat detail texture-nya sudah kuno untuk saat ini, sehingga kalian dapat bermain dengan kualitas gambar yang lebih baik. Untuk game-game terbaru dengan kelas AAA, fitur  DSR ini kurang terasa di mata dan akan berlebihan membebani graphic card kalian. Selain itu, jika graphic card GTX kalian kuat, maka kalian dapat me-render game hingga 4K untuk dimainkan pada monitor 1080p.

 

Artikel Terkait: