Pamali: Indonesian Folklore Horror, Game Horor Bernuansa Indonesia

Pamali: Indonesian Folklore Horror, Game Horor Bernuansa Indonesia

Share

Pamali adalah sebuah game horor yang mengambil inspirasi dari berbagai kisah rakyat Indonesia, dan menghadirkan empat cerita yang menampilkan sejumlah setan lokal seperti Kuntilanak, Pocong, Tuyul dan Leak.

game indonesia

Pihak pengembang game ini, StoryTale Studios menjelaskan bahwa horor tidak harus terkait dengan kekerasan atau sebuah tragedi besar. Menurut mereka, Pamali menghadirkan sejumlah skenario dalam kehidupan sehari-hari rakyat yang terkait dengan fenomena dan mitos yang berputar di sekitar keempat setan tersebut.

game indonesia

Selain itu, Pamali juga menghadirkan pengalaman bermain yang unik karena pilihan gamers dapat mempengaruhi bagaimana terbentuknya jalan cerita didalam game.

Menurut Mira Wardhaningsih, salah satu penulis jalan cerita untuk Pamali, tiap orang memiliki definisi yang berbeda bagi horor. Ia mengatakan bahwa bagi sebagian orang, zombie adalah monster yang menakutkan, dan bagi sebagian lainnya zombie hanyalah mayat yang bisa berjalan. Ia menambahkan bahwa Pamali dirancang untuk memberikan pengertian terkait dengan persepsi horor yang ada di Indonesia. Menurutnya, mereka ingin membuat sebuah game dimana ketakutan itu sendiri dibentuk oleh budaya, kisah rakyat dan tradisi Indonesia. Ia mengatakan bahwa mereka mencoba untuk menghadirkan sebuah game horor yang bernuansa lokal dan berbeda dengan horor buatan Jepang maupun Barat.

game indonesia

Saat ini, Pamali: Indonesian Folklore menghadirkan kisah pertama mereka yang dibintangi oleh setan terkenal di Indonesia, yaitu Mbak Kunti, alias Kuntilanak. Didalam game, mbak kunti dijuluki dengan panggilan The White Lady. Sementara itum tiga kisah lainnya, The Tied Corpse (Pocong), The Little Devil (Tuyul) dan The Hungry Witch (Leak) akan dirilis sebagai DLC pada tahun 2019 nanti.

game indonesia

Dalam kisah The White Lady, gamers akan diajak menjelajahi sebuah rumah sebagai Jaka, seorang pria yang baru saja kembali ke kampung halamannya untuk menjual rumah kuno yang dimiliki keluarganya. Game ini menghadirkan suasana mencekam yang realistis serta ending yang berbeda-beda. Gamers juga dapat menggali lebih dalam mengenai kisah dibalik kuntilanak dan karakter yang kalian kendalikan melalui benda-benda yang dapat ditemukan di dalam game.

Pamali: Indonesian Folklore Horror dirilis di PC (Steam) pada tanggal 28 Desember 2018.

Artikel Terkait: