Pilih Mobo A320 atau B450?

Pilih Mobo A320 atau B450?

Share

Motherboard dengan chipset AM4 untuk prosesor AMD Ryzen terdiri dari 3 tipe, yaitu A320 untuk kelas terendah, B350 dan B450 untuk kelas menengah, serta X370 dan X470. Chipset seri 400 adalah generasi kedua untuk chipset AM4 yang telah ditingkatkan kemampuannya dan yang paling penting memiliki fitur StoreMI yang mampu menggabungkan SSD dan Hard Disk menjadi 1 drive berkecepatan dan berkapasitas tinggi. Kali ini Ulasan ID akan membahas mengenai pilihan terbaik antara motherboard dengan chipset A320 yang murah dan B450 yang memiliki fitur StoreMI, agar kalian bisa merakit PC gaming sesuai kebutuhan dan budget kalian.

Motherboard A320
Harga dan merek termurah: Biostar A320MH Rp 750.000

Keunggulan: 

  • Harga sangat terjangkau
  • Overclock RAM masih dapat dilakukan, hal ini penting untuk meningkatkan performa AMD Ryzen APU

Kelemahan: 

  • Tidak dapat melakukan overclock prosesor Ryzen
  • Tidak memiliki fitur StoreMI

Motherboard B450
Harga dan merek termurah: ASRock B450M-HDV Rp 1.180.000

Keunggulan: 

  • Memiliki fitur StoreMI
  • Dapat melakukan overclock prosesor Ryzen
  • Memiliki slot M.2 dan support SSD NVMe

Kelemahan: 

  • Harga lebih mahal sekitar Rp 400.000 dibanding motherboard A320 termurah
  • Hanya ada 2 slot RAM (umumnya motherboard B450 memiliki 4 slot RAM)

Kesimpulan

Jika kalian memiliki budget sangat terbatas untuk merakit PC gaming, khususnya menggunakan prosesor AMD Athlon 200GE dan Ryzen 3 2200G, dan tidak menggunakan SSD, kalian dapat menjatuhkan pilihan ke motherboard berchipset A320 termurah. Walaupun tidak dapat melakukan overclock prosesor, namun kalian masih bisa mendapatkan keuntungan turbo boost yang ada di prosesor Ryzen kalian. Tentu kalian tidak dapat menggunakan fitur StoreMI, namun saat kalian melakukan upgrade boot drive ke SSD, kalian masih merasakan kecepatan SSD pada sistem operasi Windows 10 kalian, kecepatan loading game tentu tidak akan meningkat jadi tetaplah bersabar saat bermain. Rencana upgrade bisa kalian fokuskan untuk mendapatkan SSD, dapatkan monitor 1080p yang memiliki fitur AMD FreeSync, lalu membeli graphic card tambahan saat Radeon Vega 8 tidak mampu menjalankan game-game terbaru kalian.

Bagi kalian yang memiliki budget lebih, tentunya motherboard dengan chipset B450 termurah dari ASRock menjadi pilihan utama kalian. Kalian bisa menggunakan fitur AMD StoreMI dengan maksimum, jika kalian menggunakan SSD M.2 NVMe, RAM cache, dan HDD sekaligus. Pilihan upgrade jangka menengah kalian juga semakin tinggi, kalian bisa menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 Gen 2 dan graphic card sekelas AMD Radeon RX 580 di kemudian hari.

Artikel Terkait: