Ryzen 3 2200U = Athlon 200GE?

Ryzen 3 2200U = Athlon 200GE?

Share

Jika kita melihat spesifikasi dasar prosesor APU AMD Ryzen 3 2200U dan Athlon 200GE, keduanya memiliki spesifikasi yang mirip. Jumlah core, thread, cache, dan integrated graphic-nya sama persis, yaitu Radeon Vega 3. Faktor yang membedakan antara kedua prosesor ini adalah target TDP dan clock speed-nya. Lalu, jika kedua prosesor memiliki spesifikasi yang mirip, mengapa memiliki penamaan yang berbeda? Seri Ryzen pada desktop merupakan prosesor dengan arsitektur Ryzen yang memiliki performa single dan multi core jauh diatas prosesor generasi sebelumnya (pada socket FM2+ dan AM3+). Sedangkan APU Athlon 200GE memiliki performa paling rendah pada kelas desktop, karena hanya memiliki 2 core yang menjalankan SMT atau Simultaneous Multi-Threading, jauh dibawah APU Ryzen 2200G. Namun, untuk kelas laptop yang menggunakan daya lebih rendah, kemampuan 2 core 4 thread yang dimiliki APU AMD ini sudah cukup tinggi dibandingkan laptop dengan seharga yang menggunakan prosesor Intel Core i3 generasi ke-7.

Yuk, subscribe channel youtube ulasan.id:

Ryzen 2200U memiliki keunggulan performa yang cukup tinggi untuk sebuah laptop, berdasarkan penilaian dari website cpubenchmark, performa single thread nya mencapai skor 1559 dan untuk multi thread mencapai skor 4469. Target TDP maksimum prosesor APU ini hanya 25 Watt, sedangkan untuk penggunaan biasa 12 – 15 Watt saja, sehingga prosesor ini tidak memerlukan pendingin berperforma tinggi yang membebani laptop untuk bekerja maksimal. Untuk bekerja secara maksimal, Ryzen APU pada laptop juga membutuhkan RAM dual channel, minimal 2 x 4 GB untuk saat ini. Laptop yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 2200U umumnya dijual dengan harga 6 jutaan Rupiah (harga pada Desember 2018), cocok untuk para pelajar sekolah yang membutuhkan laptop ringan untuk mengerjakan tugas-tugas dan bermain saat waktu senggang.

Athlon 200GE yang menggunakan motherboard socket AM4, merupakan prosesor dengan arsitektur Zen paling murah. Harga yang murah tentu berimplikasi pada performa yang tidak terlalu tinggi seperti prosesor Ryzen diatasnya. Berdasarkan penialian website cpu benchmark, Athlon 200GE memiliki skor single thread sebesar 1670 dan untuk multi thread sebesar 5228 dengan target TDP sebesar 35 Watt. Prosesor ini memiliki keistimewaan tersendiri untuk pelajar dan gamer dengan budget terbatas, karena mereka dapat melakukan upgrade pada PC nya di waktu yang akan datang. Untuk membangun PC dengan Athlon 200GE, kalian hanya cukup mengeluarkan 4 jutaan Rupiah saja (berdasarkan harga komponen pada Desember 2018), dan pada saat kalian ingin melakukan upgrade, kalian bisa mendapatkan graphic card terlebih dahulu.

Artikel Terkait: