Cara Membuat Graphic Card Tetap Adem

Cara Membuat Graphic Card Tetap Adem

Share

Graphic card kelas menengah seri GeForce 10xx dan Radeon 5xx telah kembali ke harga normal, bahkan banyak orang yang menjual graphic card bekas mining yang masih layak digunakan untuk PC Gaming dengan harga yang super murah. Namun, graphic card kelas menengah tentu memiliki thermal design power (TDP) atau suhu operasional yang lebih tinggi dibanding graphic card kelas entry level. Contohnya GeForce GTX 1060 memiliki TDP 125 Watt dan umumnya bekerja hingga suhu 80-an derajat celcius dan Radeon RX 580 dengan TDP 185 Watt bekerja dengan suhu  lebih dari 80 derjaat celcius sehingga GPU akan melakukan throttling atau pembatasan kinerja karena suhu yang tinggi.

Yuk, subscribe channel youtube ulasan.id:

Berikut trik-trik mudah untuk menurunkan suhu graphic card kalian agar lebih awet dan bekerja dengan performa maksimum:

  • Gunakan software 3rd party seperti MSI Afterburner atau ASUS GPU Tweak untuk mengatur putaran kipas pada suhu tertentu melalui pengaturan kurva, contohnya saat suhu GPU mencapai 70 derajat celcius, kipas bekerja 80% dan saat suhu mencapai 75 derjaat celcius, kipas bekerja 100%.
  • Tambahkan kipas 12 cm untk casing pada bagian bawah graphic card dan bagian depan casing untuk meningkatkan aliran udara didalam casing, sehingga udara panas mudah terbuang dari heat sink.
  • Jika kalian bisa membongkar heat sink graphic card, lakukan pembersihan pasta thermal lama dan berikan pasta thermal berkualitas tinggi.
  • Batasi frame rate game sesuai dengan refresh rate monitor kalian, agar graphic card kalian tidak bekerja lebih dan sia-sia.

Artikel Terkait: