Apakah Prosesor Tanpa iGP Bagus?

Apakah Prosesor Tanpa iGP Bagus?

Share

Saat ini Intel dan AMD menyediakan pilihan prosesor tanpa integrated graphic processor atau iGP, yaitu Intel Core seri F dan Ryzen seri non-G. Prosesor tanpa iGP menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan varian prosesor dengan iGP. Sebagai perbandingan kita gunakan harga Intel Core i5-9400F tanpa iGP, yaitu Rp 2.691.000 dan Core i5-8400 dengan iGP Intel UHD 630, yaitu Rp 3.150.000 (varian i5-9400 belum tersedia pada Maret 2019 di Indonesia).

Kekurangan dari penggunaan tanpa iGP adalah PC kalian selalu membutuhkan graphic card dan tidak akan menampilkan apapun (termasuk bios), jika kalian tidak menggunakan graphic card. Hal ini membuat kalian tidak melakukan debugging saat terjadi crash pada graphic card kalian atau terjadi kerusakan pada slot PCIe. Selain itu, kalian harus mengerti berbagai cara perbaikan atau analisa saat terjadi malfungsi pada komputer kalian, karena prosesor tanpa iGP memang ditujukan untuk kalangan profesional.

 

 

Berikut beberapa tips bagi kalian yang ingin membuat PC dengan prosesor tanpa iGP:

  • Pastikan kalian memiliki graphic card yang cukup baik untuk bermain game atau rendering video
  • Jika memungkinkan, simpan graphic card low-end dan murah yang dapat bekerja dengan baik dengan konfigurasi PC-mu (seperti Nvidia GeForce GT 730 atau AMD Radeon R7 240)
  • Jika terjadi bug atau malfungsi, pastikan kalian dapat melakukan diagnosa atau memiliki rekan yang dapat membantu
  • Pilih prosesor dengan generasi terakhir, seperti AMD Ryzen 2xxx atau Intel Core Gen 9

 

Artikel Terkait: