Jangan Salah Pilih, Berikut Perbedaan Headphone Beats, Headset, Earphone dan Handsfree!

Jangan Salah Pilih, Berikut Perbedaan Headphone Beats, Headset, Earphone dan Handsfree!

Share

Aksesoris ponsel seperti headphone, headset, earphone atau handsfree mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Tetapi, banyak orang masih sering salah sebut mengenai nama aksesoris wajib gadget ini. Jangan sampai Anda juga salah sebut headphone dengan headset atau earphone dengan handsfree ya! Sebelum Anda tertarik membeli headphone Beats yang fenomenal untuk mendengarkan audio, yuk ketahui dulu perbedaan 4 pendengar suara berikut!

  1. Headphone

Headphone Beats merupakan salah satu produk terkenal yang digagas Dr Dre dan Jimmy Lovine hingga berada dibawah kepemilikan Apple. Ya, headphone sendiri merupakan alat pengeras suara yang tidak memiliki jack input sehingga lebih sering digunakan untuk piranti ponsel. Para pecinta musik sering menggunakan headphone untuk mendengarkan audio dari ponsel mereka.

Suara yang dihasilkan cenderung lebih jernih dan berkualitas sebab memang didesain untuk mendengarkan audio saja. Ada banyak model, desain dan warna dari headphone yang membuat piranti ini paling digandrungi khalayak muda.

1. Headset

Terkadang orang salah kaprah menyebut headphone dengan headset. Apa yang menjadi perbedaan dua piranti mendengarkan suara ini? Ternyata perbedaan tersebut terletak pada dua jack audio pada headset sebagai input yaitu mikrofon sedangkan jack kedua sebagai output atau speaker.

Penggunaan headset sendiri tak hanya untuk mendengarkan audio saja namun komunikasi yang lebih bervariasi. Biasanya headset digunakan untuk komunikasi via Skype atau video call lain. Jika headphone Beats digunakan untuk mendengarkan audio seperti musik via ponsel, headset bisa digunakan untuk piranti ponsel atau PC. Seiring perkembangan teknologi yang kian canggih, konektifitas headset juga semakin berinovasi dengan integrasi fitur koneksi Bluetooth dan USB.
Jangan Salah Pilih, Berikut Perbedaan Headphone Beats, Headset, Earphone dan Handsfree!
2. Earphone

Dilihat dari fungsi piranti pengeras suara ini mungkin hampir sama dengan headphone. Hanya saja earphone memiliki bentuk yang lebih kecil dan mudah dibawa ke mana-mana. Anda yang mungkin hendak bepergian tanpa terlepas dari piranti pengeras suara, wajib mempertimbangkan earphone sebagai aksesoris wajib ponsel dalam tas pribadi.

Sekilas beberapa orang mungkin sering salah menyebut earphone dengan handsfree sebab memiliki tombol tambahan. Earphone lebih mudah digunakan sebab hanya diselipkan pada telinga bagian luar sehingga memberikan kenyamanan bagi pendengar musik sejati. Anda hanya perlu memilih earphone terbaik yang menggunakan earbud lembut sehingga tidak merusak pendengaran jika digunakan dalam waktu lama.
Jangan Salah Pilih, Berikut Perbedaan Headphone Beats, Headset, Earphone dan Handsfree!
3. Handsfree

Nah, perangkat pengeras suara terakhir yang mirip earphone namun diberikan tombol tambahan berupa mikrofon serta tombol fungsi adalah handsfree. Perangkat ini biasa digunakan seseorang untuk menelepon atau disematkan pada dashbook ponsel yang Anda beli. Lewat tombol fungsi yang disematkan, Anda bisa menaikkan dan mengurangi volume suara saat tengah melakukan panggilan.

Handsfree juga telah berkembang semakin canggih sehingga tidak membutuhkan kabel alias wireless. Bluetooth handsfree sangat digemari seseorang yang ingin tetap mendengarkan musik atau menelepon tanpa meninggalkan aktivitas yang lain.
Jangan Salah Pilih, Berikut Perbedaan Headphone Beats, Headset, Earphone dan Handsfree!
Perbedaan empat piranti pengeras suara di atas mungkin bisa menambah wawasan Anda mengenai aksesoris wajib gadget ini. Buat Anda yang masih sering salah menyebutkan antara headphone dan headset atau earphone dan handsfree, tak akan salah kaprah lagi, bukan? Pilih piranti favorit dengan model kekinian yang sesuai kebutuhan Anda ya!

Kalau Anda ingin mencari headphone berkualitas, wajib mempertimbangkan headphone Beats yang telah teruji. Dengan harga bervariasi mulai termurah hingga premium, Anda bisa mendapatkan produk asli dan terjamin secara online sekarang juga. Belanja online yang aman dan tanpa ribet, kunjungi Bukalapak.com aja!

Artikel Terkait: