Motherboard Gaming AMD Ryzen Sejutaan

Motherboard Gaming AMD Ryzen Sejutaan

Share

Motherboard gaming adalah salah satu kebutuhan dasar untuk membuat sebuah PC Gaming. Motherboard gaming untuk prosesor AMD Ryzen memerlukan kebutuhan khusus dibandingkan motherboard untuk prosesor Intel. Karena performa prosesor AMD Ryzen dapat ditingkatkan lebih jauh dengan overclock prosesor dan clock RAM yang tinggi. Untuk itu, motherboard gaming ini membutuhkan sistem VRM dan mosfet yang baik dan memiliki heat sink untuk menjaga kestabilan suhu. Desain jalur RAM yang bagus agar performa RAM dapat maksimal juga sangat diperlukan. Slot PCI Express yang diperkuat juga sangat diperlukan, karena graphic card gaming biasanya memiliki bobot yang tinggi. Hal-hal inilah yang dipertimbangkan oleh MSI saat merancang motherboard B450M Gaming Plus. Motherboard ini memiliki semua aspek dasar yang diperlukan sebagai motherboard gaming.

Motherboard MSI B450M Gaming Plus sangat cocok digunakan untuk prosesor APU Ryzen 3 2200G Raven Ridge hingga Prosesor Ryzen 7 2700. Karena B450M Gaming Plus telah dilengkapi dengan 7 phase power design yang mampu menyuplai daya listrik yang stabil ke prosesor dan RAM. Untuk mendapatkan performa yang maksimal, kalian harus melakukan seleksi RAM yang akan beli melalui RAM QVL atau Qualified Vendor List pada website MSI. Pada RAM QVL tersebut akan ditampilkan RAM dengan clock tertinggi yang dapat digunakan oleh motherboard MSI. Sebagai acuan, motherboard B450M Gaming Plus mampu menjalankan RAM dengan clock 3400 MHz.

Motherboard ini memiliki sebuah slot M.2 dengan konektor PCIe x4 yang sangat berguna jika kalian menggunakan SSD NVMe berkecepatan tinggi. Slot PCIe x16 B450M Gaming Plus untuk graphic card juga sudah diperkuat dengan MSI Steel Armor yang dapat menahan bobot graphic card yang berat. Kekurangan dari motherboard B450M Gaming Plus adalah jumlah slot RAM yang hanya 2 buah. Hal ini membuat kalian harus memilih RAM 2 x 4 GB atau langsung 2 x 8 GB, tanpa bisa menambah di lain waktu. Harga motherboard B450M Gaming Plus per Maret 2019 adalah Rp 1.650.000.

Artikel Terkait: